Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Konsumsi BBM New Honda City Sedan Sensing

Kompas.com - 26/03/2024, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda City sedan dengan Honda Sensing hadir Oktober 2023. Selain tampilannya yang lebih segar, mobil juga semakin canggih berkat penyematan teknologi pemandu kenyamanan dan keselamatan.

New Honda City Sensing merupakan penyempurnaan dari City sedan biasa yang hadir pada akhir 2021. Meski mobil berstatus facelift namun dapat dikatakan masih masuk dalam City generasi kelima.

Baca juga: Sejak Januari 2024, Polisi Tertibkan 65.636 Pengguna Knalpot Brong

Sebelumnya Kompas.com sudah membahas mengenai eksterior, interior, fitur baru dan rasa mengemudi New City sedan Sensing, maka kini redaksi akan membahas hasil tes konsumsi bahan bakar.

New Honda City sedan dengan Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Pesinnya tetap sama yaitu jantung 1.5L empat silinder yang mampu menghasilkan 119 Tk dan torsi 145 Nm. Seperti disebutkan, pengendaliannya nyaman dan tenaganya yang cukup akseleratif.

Konsumsi bahan bakar yang diukur meliputi rute dalam kota, dengan kondisi jalan yang beragam pada siang hari dan malam hari serta jalan kombinasi meliputi jalan tol dan non tol.

Perhitungan menggunakan indikator Multi-Information Display (MID) yang ada di instrument cluster. Bahan bakar diisi bensin Pertamax RON 92. Gaya berkendara pada umumnya dan tidak mencari efisiensi tertinggi.

Baca juga: Mobil Hyundai Bekas Mulai Dicari Konsumen

New Honda City sedan dengan Honda SensingKOMPAS.com/Gilang New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Baca juga: Vinales Ungkap Penyebab High Side sehingga Gagal Podium

Pada pengetesan ini, tercatat pada layar MID bahwa konsumsi BBM untuk City sedan dalam wilayah perkotaan dengan jarak tempuh 83 km, ialah 9,4 km per liter.

Lebih boros memang dibanding saat melakukan pengetesan jalan kombinasi yaitu jalan perkotaan dan jalan tol yang mayoritas jalur tol mencapai 11 km per liter.

Catatan ini lebih boros ketimbang catatan Kompas.com, City Sedan sebelumnya yang dikendarai oleh pengemudi berbeda. Di mana wilayah perkotaan tembus 11,9 km per liter dan luar kota mencapai 13,3 km per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com