Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Mau Ditinggal Mudik, Sebaiknya Aki Dicabut atau Tidak?

Kompas.com - 25/03/2024, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, sejumlah persiapan mulai dilakukan semua pihak. Bagi Anda yang hendak mudik, jangan lupa lakukan sejumlah rencana sebelum berangkat.

Salah satunya mengecek sepeda motor yang ditinggal di rumah. Pasalnya tanpa planing yang baik, kondisi motor bisa saja rusak karena tak terurus.

Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, aki motor jadi salah satu komponen yang harus mendapat perhatian.

Baca juga: Jangan Tunggu Putus, Ini Tanda Drive Belt Mobil Sudah Minta Ganti

Ilustrasi parkir motor.KOMPAS.com/DIMAS PRADOPO Ilustrasi parkir motor.

Untuk menjaga kondisi aki tetap optimal, ada anggapan bahwa mencabut aki dapat membuat performanya terjaga. Tapi seberapa penting mencabut aki saat meninggalkan motor di rumah?

Aki dicek saja, kalau ditinggal cukup lama misal lebih dari 5-10 hari, itu dicabut saja,” ujar Reza kepada Kompas.com belum lama ini.

Reza mengingatkan kepada pemilik motor untuk mencabut beberapa kabel saja, tidak perlu semuanya, bahkan sebetulnya tidak perlu melepas aki dari rumahnya.

Baca juga: Curhat Pasutri Kena Tipu Saat Beli Mobil Bekas Taksi

“Tapi yang dicabut kabel negatifnya saja. Itu buat menjaga, kan baterai itu punya sifat pelepasan muatan listrik secara mandiri (self discharge). Nah, itu biar self discharge-nya tidak terlalu besar,” ucap Reza.

“Sebelum dilepas, pastikan dulu baterai dalam kondisi normal. Jadi pada saat kita datang, enggak ngedrop tegangannya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com