Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil dengan Shaking Machine [Video]

Kompas.com - 23/03/2024, 12:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor kaki-kaki pada mobil memiliki peran penting yang tak bisa dianggap remeh. Tak hanya berkaitan soal kenyamanan, tapi juga keselamatan.

Kaki-kaki mobil yang mengalami masalah, tentu saja membuat kestabilan saat berkendara menjadi kurang, bahkan bisa menimbulkan potensi kecelakaan. Karena itu, diharapkan pemilik mobil tak abai soal pengecekan rutinnya.

Bicara soal pengecekan kaki-kaki, memang ada banyak cara dan metodenya. Tapi bila ingin lebih instan, saat ini bisa menggunakan alat bernama Kyoto Shaking Machine.

Baca juga: Mobil yang Identik Kerap Alami Kerusakan di Bagian Kaki-kaki

Alat ini bekerja dengan menggunakan hidrolik dengan cara memberikan guncangan pada keempat titik kaki-kaki mobil. Proses ini sama seperti yang dilakukan pabrikan mobil.

Guncangan yang diberikan diklaim dapat mendeteksi bunyi-bunyi yang tak normal dari sektor kaki-kaki. Dengan demikian, proses diagnosa permasalahan bisa cepat, akurat, dan juga efisien.

Mesin ini diklaim mampu mendeteksi beberapa permasalahan kaki-kaki mobil, seperti setir yang bergetar, ban yang tidak lurus, tapak ban yang miring sebagian, bunyi pada roda, dan setir yang tidak lurus.

Baca juga: Manfaat Mobil Sering Isi BBM Full Tank

Kyoto ShakingRotary Auto Kyoto Shaking

Selain itu, masalah  limbung di kecepatan tinggi, rem yang kurang nyaman, pengendalian, roda yang berubah, tapak ban terkikis, keausan ban, per, limbung di tikungan, bunyi dan roda bergoyang, serta suara dengung juga bisa terdeteksi.

Untuk lebih jelasnya, bisa simak video lengkapnya di kanal otomotifkompascom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com