Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Interior New Honda City dan All New Vios

Kompas.com - 13/03/2024, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sedan memang tidak sebesar MPV dan SUV. Meski demikian sejumlah pabrikan tetap bertahan dan menyediakan line up lengkap dari sedan murah sampai premium.

Salah satu pemain sedan murah ialah Honda New City dan All New Toyota Vios. Keduanya memang bersaing sejak lama, New City lahir pada 2023 dengan upgrade Honda Sensing sedangkan Vios generasi anyar datang pada akhir 2022.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran Wajib Servis Mobil Agar Kondisi Prima

Sebelumnya redaksi Kompas.com sudah membandingkan eksterior keduanya, maka kali ini akan membahas interior.

Toyot Vios generasi terbaruKompas.com/Nanda Toyot Vios generasi terbaru

Memasuki kabin Vios, didominasi dengan warna hitam sehingga menimbulkan kesan sporty dan elegan. Untuk jok menggunakan campuran material kulit dan fabric dengan pattern jahitan berwarna putih.

Secara keseluruhan memang tata letak interior Vios terbaru tak jauh berbeda dengan Veloz. Hanya saja ada sedikit penyesuaian seperti pada bagian dasbor yang disematkan aksen kulit yang melintang layaknya Fortuner.

Beberapa aksen piano black juga dihadirkan kembali yakni di konsol tengah dan door handle. Tetapi entah mengapa, penyematan head unit berukuran 9 incinya cukup mengganggu kesan sporty Vios.

Baca juga: Cek Batas Ketebalan Ban yang Aman Saat Dipakai Perjalanan Jauh

Menariknya di sebagian titik dashboard Vios menggunakan soft touch yang membuatnya lebih premium. Perpaduan warna coklat dengan hitam juga membantu tanpilan kabin lebih berkelas.

Toyota ViosKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Vios

Berlanjut ke baris kedua, Vios menawarkan jok mewah seperti bagian depannya. Tetapi diakui bila bicara kenyamanan, dengan tinggi 170 cm agaknya kurang puas karena ruang kepala yang terbatas.

Di bagian ini juga, belum dibekali arm rest pada bagian tengah walau sudah disematkan headrest tiga buah.

Adapun untuk City Sedan facelift 2023, pada dasarnya tidak ada perubahan berarti antara interior City sebelumnya. City generasi kelima ini masih mengusung tema sporty dengan nuansa hitam.

Baca juga: 2 Cara Anti-Dehidrasi Naik Motor Saat Puasa

Balutan hitam tersebar di semua sisi mulai dari dashboard, setir, door trim hingga jok.

Pemanisnya bagian plafon warna krem. Kemudian lis lubang AC baik di bagian tengah dasboard dan di samping kiri-kanan, serta kenop-kenop AC yang memakai warna krom. Lis krom juga ditemui di bagian bawah setir serta tuas persneling.

New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda Sensing

Sebagai sedan entry level Honda, tidak banyak soft touch yang disematkan di model ini. Paling hanya di bagian setir yang sudah dilapis kulit. Namun kulitnya polos dan kurang bertekstur.

Baca juga: Ini Ciri Ban Mobil Sudah Minta Diganti

Perbedaan interior antara New City sedan dengan City sebelumnya ialah di bagian speedometer. Layar di instrumen klaster punya New City sedan lebih besar karena mengakomodir fitur baru Honda Sensing.

Joknya menggunakan material kain yang punya tekstur tersendiri. Material fabric memang tidak mengesankan premium namun sudah cukup untuk tampilan kabin yang punya aura sporty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com