Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bakal Jadi Basis Mobil Listrik Terbesar BYD di ASEAN

Kompas.com - 19/01/2024, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif di Indonesia kedatangan penguasa mobil listrik dunia, Build Your Dreams (BYD), pada Kamis (18/1/2024).

Produsen mobil listrik asal China itu juga turut meluncurkan tiga lini produk kendaraan listriknya yakni BYD Seal, Atto 3 dan Dolphin.

Tak hanya itu, langkah BYD masuk ke pasar Tanah Air tampaknya tidak main-main. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, kehadiran BYD di Indonesia bukan hanya sebatas untuk jualan saja, melainkan juga akan berinvestasi di Tanah Air.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024 Polisi di Surakarta Gencar Razia Knalpot Brong

BYD menjadikan Indonesia sebagai basis battery electric vehicle (BEV) terbesar di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada BYD yang berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis BEV terbesar di Asia Tenggara,” ucap Luhut, dalam tayangan video di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (18/1/2024).

Diler BYD KalimalangKompas.com/Adityo Diler BYD Kalimalang

Menanggapi ungkapan tersebut, Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pasifik mengatakan, pihaknya memang tengah berinvestasi untuk membuat pabrik di Indonesia dan berniat menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi terbesar selain Thailand.

“Kami di Thailand dan Indonesia juga ada investasi untuk pabrik. Indonesia itu di seluruh dunia akan jadi salah satu pasar yang besar. Saya rasa teman-teman di sini (Indonesia) harusnya senang, karena dengan kita bikin pabrik, kami akan melayani dan suplai pasar lokal sebisa mungkin,” ucap Xueliang.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024 Polisi di Surakarta Gencar Razia Knalpot Brong

Xueliang melanjutkan, ke depannya BYD akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar industri otomotif khususnya di kendaraan listrik bisa berkembang dengan pesat.

“Selanjutnya kami pasti akan kerja sama dengan partner kami untuk kontribusi industri otomotif khususnya kendaraan listrik untuk benar-benar bisa berkembang di sini (Indonesia),” kata Xueliang.

Sebagai informasi, BYD dilaporkan berhasil menjual kendaraan listrik (electric vehicle/EV) sebanyak 3,02 juta unit sepanjang periode 2023. Jumlah ini meningkat 61,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com