Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Fitur Chery Omoda E5, Bisa Jadi Genset buat Kamping

Kompas.com - 19/01/2024, 18:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu yang menarik dari Omoda E5 adalah kehadiran layar head unit canggih berukuran total 24,6 inci, yang lebar sekali.

Layar ini tidak hanya berperan sebagai sistem hiburan, tapi juga berfungsi untuk mengatur segala macam fitur. Dari pengaturan AC, sampai berbagai fitur keselamatan ADAS bisa diatur dari layar.

Untuk diketahui, Omoda E5 memiliki beberapa tambahan fitur ADAS dibandingkan versi ICE. Bahkan saat ditotal seluruhnya mencapai 17 fitur.

Baca juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Kepanjangan dari BYD

Desain interior dan dasbor Chery Omoda E5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Desain interior dan dasbor Chery Omoda E5

Kemudian, layar tersebut juga bisa mengatur fitur Ventilated Seat yang bisa mengeluarkan embusan hawa dingin, baik di pengemudi maupun penumpang depan.

Paling menarik adalah kehadiran fitur Vehicle to Load, yang bisa melakukan mode discharge sebagai sumber energi listrik. Misal buat keperluan outdoor, seperti kamping dan sebagainya.

Bahkan sudah tersedia fitur Camping Mode, di mana ketika mobil dipakai sebagai sumber energi listrik di sebuah lokasi, tuas transmisi tidak akan aktif saat digeser-geser.

Baca juga: Luhut Mau Naikkan Pajak Mobil dan Motor Konvensional

Jadi mobil ini sangat memungkinkan untuk diajak bepergian dan menjadi sumber energi buat berkemah. Bahkan AC tetap bisa menyala buat mendinginkan kabin.

Lalu, terdapat fitur DMS (Driver Monitoring System), yang bisa melihat kondisi pengemudi ketika tidak fokus di jalan atau sedang lelah. Fitur ini akan memberikan notifikasi dan mengingatkan pengemudi untuk meningkatkan keamanan.

Beralih ke bagian layar di depan pengemudi, terdapat beberapa fitur unggulan seperti navigasi, lalu Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Trip A dan Trip B, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring, termasuk pengaturan mode berkendara.

Baca juga: Bocoran Motor Baru Honda, Meluncur Awal Februari

Chery Omoda E5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Chery Omoda E5

Sementara buat fitur Rear Cross Traffic Alert terdapat perbedaan bila dibandingkan Omoda 5. Karena di Omoda E5 sampai menintervensi pengereman. Jadi ketika mobil yang melintas, mobil bisa mengurangi kecepatannya sendiri.

Kemudian untuk sunroof masih mirip-mirip. Lalu konsol tengah dengan banyak laci penyimpanan sedikit berbeda. Salah satunya adanya fitur Wireless Charging yang sudah mendukung Fast Charging 50 watt.

Di bagian ini juga terdapat tombol mode berkendara yang bisa ditekan langsung tanpa harus masuk ke layar head unit.

Baca juga: Ban Mobil Tidak Lurus Saat Parkir Bikin Power Steering Cepat Rusak?

Chery Omoda E5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Chery Omoda E5

Tak ketinggalan, Omoda E5 juga memiliki rem regeneratif yang tidak cukup praktis pengoperasiannya. Karena kita harus masuk ke menu di head unit terlebih dulu.

Seandainya ada tuas tersendiri di bagian setir, pasti bakal lebih memudahkan pengemudi yang bisa mengatur sesuai selera saat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com