Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Banyak Bendera Parpol di Jalan, Pengendara Motor Mesti Waspada

Kompas.com - 17/01/2024, 06:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), bendera partai politik atau parpol banyak yang dipasang di pinggir jalan. Ketika terkena angin, kibasannya bahkan sampai mengganggu pengendara.

Misal seperti pada video yang diunggah akun jakarta.terkini di Instagram, mengambil dari story ahmadafif_abdullah, terlihat kibasan bendera parpol yang terkena angin sampai kena pengendara.

Motor memang melaju dengan pelan dan angin kencang lumayan mengganggu pengendara. Cuma akan jadi bahaya kalau sampai benderanya mengenai dan tersangkut. Pun, sampai copot dan menutupi pengendara motor. Berbahaya!

Baca juga: Jangan Ditiru, Video Viral Sopir Bus Berkendara Pakai Kaki

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, banyaknya bendera parpol saat ini memang tidak bisa dihindari, pengendara mesti lebih waspada, mengikuti kondisi jalan.

"Kita harus lebih waspada dan hati-hati dengan banyaknya potensi bahaya tidak langsung yang berada di sisi jalan. Bisa saja tiba-tiba bendera dan tiangnya terlepas saat terkena angin," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: Begini Cara Aman Menggunakan Google Maps Agar Tidak Dijambret


Jadi kalau bertemu jalan yang penuh bendera parpol dan sedang berkibar, pengendara harus kurang kecepatan. Pastikan pandangan mata fokus jauh ke depan agar lebih siap untuk antisipasi jika ada bendera yang terlepas.

"Jika memungkinkan kita bisa mengambil lajur tengah agar dapat menghindari bendera tersebut," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com