Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Menjelaskan Arti Senyum Saat Pertama Kali Jajal Ducati

Kompas.com - 12/01/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah mulai bicara banyak tentang kepindahannya ke tim satelit Ducati, Gresini Racing. Belum lama ini, dia juga menjelaskan arti senyumnya ketika dia pertama kali mencoba motor balap Desmosedici GP23.

Setelah menghabiskan 11 tahun bersama Repsol Honda, memenangkan 59 balapan, dan enam gelar juara dunia, Marquez mengendarai Desmosedici GP23 untuk pertama kalinya di sesi tes Valencia, November 2023 lalu.

Baca juga: Alasan Luca Marini Mau Pindah ke Honda Menggantikan Marc Marquez

Tapi, saat itu Marquez masih dilarang untuk berkomentar tentang sesi tes karena masih menghormati kontraknya dengan Honda, sebelum benar-benar berakhir pada 2023. Setelah berganti tahun, barulah Marquez bebas bercerita mengenai sesi tes Valencia.

Marc Marquez jajal motor Ducati Desmosedici GP23Foto: PaddockGP Marc Marquez jajal motor Ducati Desmosedici GP23

Namun, pekerjaan sesungguhnya akan dimulai di Malaysia bulan depan, dengan uji coba intensif selama tiga hari di Sirkuit Sepang.

"Saya memulai musim 2024 dengan penuh semangat dan keinginan, sesuatu yang tidak akan pernah berkurang. Saya merasa sangat baik, sangat tenang, saya menjalani pramusim yang normal, sesuatu yang tidak bisa saya lakukan selama bertahun-tahun (karena cedera)," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Kamis (11/1/2024).

Baca juga: Sama-sama Ducati, Jorge Martin Berambisi Kalahkan Marc Marquez

"Tahun lalu hanya setengah normal, karena ada masalah dengan bahu saya. Tapi, sekarang saya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan di Malaysia dan Qatar untuk terus beradaptasi dengan motor dan gaya kerja tim teknis yang baru," kata Marquez.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gresini Racing (@gresiniracing)

Marquez mengatakan, dia harus beradaptasi dengan dirinya sendiri. Kemudian, begitu mendapatkan level yang baik, dia akan mencoba mengubah beberapa hal di motor untuk merasa benar-benar nyaman.

"Tes pertama di Valencia berjalan dengan baik. Itu adalah hari pertama setelah sekian lama dengan gaya berkendara yang berbeda dan saya merasa sangat gugup. Senyum setelah percobaan pertama itu, sesuatu yang banyak dibicarakan. Senyum di Valencia adalah senyum ketenangan," ujarnya.

Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, saat melakoni sesi tes akhir musim di Valencia, Spanyol, pada Selasa (28/11/2023). Terkini, Marquez berlibur ke Bali usai mengunjungi Jepang dan menyampaikan salam perpisahan kepada Honda pada acara Honda Thanks Day di Motegi.Dok. Gresini Racing Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, saat melakoni sesi tes akhir musim di Valencia, Spanyol, pada Selasa (28/11/2023). Terkini, Marquez berlibur ke Bali usai mengunjungi Jepang dan menyampaikan salam perpisahan kepada Honda pada acara Honda Thanks Day di Motegi.

Meskipun gugup, tapi Marquez mampu menyelesaikan sesi tes Valencia dengan catatan waktu yang cukup baik. Dia hanya terpaut 0,171 detik dari pebalap tercepat pada sesi tes tersebut.

Namun, banyak pebalap lain yang mengaku tidak kaget dengan catatan waktu Marquez. Khususnya, mengingat Marquez yang memiliki talenta luar biasa dan motor Ducati yang merupakan motor juara dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com