Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksesori Motor Listrik Masih Belum Banyak di Pasaran

Kompas.com - 03/01/2024, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik mulai banyak ditemui di jalanan berbagai kota di Indonesia. Punya keuntungan motor yang bebas emisi, minim getaran, dan performa tinggi, tidak ada salahnya buat diberi sentuhan modifikasi.

Cuma, berdasarkan pantauan redaksi ke bursa aksesori motor yang ada di Jalan Otista, Jakarta Timur, masih belum banyak ditemui motor listrik yang dimodifikasi. Kebanyakan masih mengandalkan motor konvensional.

Riki, Pegawai dari Planet Motor di Otista bilang, modifikasi motor listrik jarang, bahkan tergolong tidak ada.

Baca juga: Tren Modifikasi Jamak pada Skutik, Ganti Suspensi

Modifikasi skutik dengan mengganti suspensi depan dan belakangKOMPAS.com/FATHAN Modifikasi skutik dengan mengganti suspensi depan dan belakang

"Jarang ketemu (yang modifikasi). Variasinya juga enggak ada," ucap Riki kepada Kompas.com, Selasa (2/1/2024).

Riki bilang, buat sekarang masih marak variasi buat skutik bongsor seperti Yamaha NMax, XMax, dan Honda PCX. Komponen yang diganti seperti suspensi, master rem, kaliper rem, cakram, dan sebagainya.

Sebenarnya buat motor listrik, komponen bolt-on atau langsung pasang seperti kaliper rem, cakram, sampai suspensi bisa digunakan. Cuma memang belum ada produk yang spesifik untuk motor listrik tertentu.

Baca juga: Setelah Dipakai Road Trip Sebaiknya Oli Mesin Diganti


Sebelumnya, Katros Garage merilis motor listrik yang sudah dimodifikasi. Ubahannya lebih ke skema warna, ganti pelek, serta suspensi yang sebenarnya mudah buat dilakukan.

Kalau mau lebih ekstrem, sudah banyak juga bengkel motor listrik yang melayani upgrade baterai dan dinamo. Hasil jadinya, motor listrik jadi punya jarak tempuh yang lebih jauh serta tarikan yang lebih menjambak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com