Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cijago Seksi 3A Sudah Dibuka, Masih Gratis

Kompas.com - 25/12/2022, 15:09 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, berbagai persiapan infrastruktur terus di tingkat seperti beroperasinya 8 jalan tol fungsional baru untuk mendukung arus lalu lintas, salah satunya jalan Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) seksi 3A.

Uji coba jalan tol Cinere – Jagorawi seksi 3A telah dioperasikan secara fungsional sejak 23 Desember 2022.

Jalan bebas hambatan yang disingkat menjadi tol Cijago ini akan beroperasi secara fungsional tanpa tarif hingga 3 Januari 2023.

Tol Cijago ruas 3A ini menghubungkan wilayah Kukusan hingga Krukut di Depok setiap pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Baca juga: Polisi Bakal Tindak Tegas Mobil Sipil yang Pakai Sirene dan Rotator

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, jika jalan tol baru akan ditargetkan beroperasi secara resmi dan bertarif pada awal 2023.

“Bagian ini yang akan terkoneksi dengan Cinere-serpong Q1 2023, yang sudah terhubung saat ini adalah Desari – Cijago,” kata Danang kepada Kompas.com, Minggu (25/12/2022).

 

 

Jalan tol Cinere - Jagorawi seksi 3A hanya memiliki panjang 3 Km yang mana tergolong pendek.

Kendati demikian, jalan tol Cijago seksi 3A diharapkan akan mempermudah mobilitas pengendara, dengan memangkas waktu dan menghindari kemacetan.

Baca juga: Penting, Periksa Aki Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022). Ruas tol ini akan digunakan secara fungsional jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022). Ruas tol ini akan digunakan secara fungsional jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.

Maka dari itu jalan tol ini dapat dimanfaatkan oleh pengendara atau warga Depok dan Tangerang Selatan yang ingin menuju area Bogor atau Puncak. Hal tersebut lantaran jalan tol Cijago Seksi 3A ini terhubung langsung dengan jalan tol Jagorawi dan tol Depok – Antasari.

Bagi pengendara dari wilayah Depok bisa langsung ke wilayah Andara, Pondok Indah, Ragunan, jalan Antasari dan juga jalan TB Simatupang dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com