Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Toyota Fortuner Ini Punya Toilet tapi Korbankan Jok Belakang

Kompas.com - 15/11/2023, 13:12 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi dilakukan untuk memberikan sentuhan pribadi pada mobil. Ubahan yang dilakukan mulai dari ubahan yang simpel hingga sentuhan kreatif dari sang pemilik.

Namun ada juga modifikasi yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh akun Instagram aryantyagivlogs, yang menaruh toilet atau WC portabel di Toyota Fortuner.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Jangan Abaikan Perawatan Bodi Mobil

Dalam video terlihat toilet ditempatkan di bagian belakang. WC portabel itu berada di sisi kanan bagian belakang dan mengorbankan sebagian kursi baris ketiga dan bagian bagasi belakang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aryan Tyagi (@aryantyagivlogs)

 

Tak cuma WC saja, toilet tersebut memiliki bilik berwarna hitam untuk privasi termasuk alat semprot air untuk bersih-bersih.

Melihat modifikasi yang dilakukan dengan menambah toilet di mobil mengorbankan fungsi kursi dan bagasi belakang.

Managing Director Karoseri Delimajaya Group, Winston Wiyanta mengatakan, sebetulnya mobil SUV seperti Fortuner kurang tepat jika dipasangkan toilet. Sebab pemakai nantinya juga tidak nyaman saat buang hajat.

"Toilet portable yang dipasang di kendaraan jenis SUV kurang ideal," kata Winston kepada Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Video Balita Nyaris Tertimpa Motor

Tampak toilet mobile berjumlah lima bilik yang bisa dimanfaatkan pemudik yang melintasi Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4.GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com Tampak toilet mobile berjumlah lima bilik yang bisa dimanfaatkan pemudik yang melintasi Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4.

"Karena keterbatasan tempat serta head room yang kurang (tinggi kendaraan bersih), penumpang tidak bisa berdiri normal," ujar Winston.

Winston mengatakan, kendaraan ideal yang dapat dipasangkan toilet ialah yang punya dimensi besar.

"Kendaraan yang ideal dipasang toilet adalah yg memiliki dimensi lebih luas, yaitu panjang, lebar dan tinggi seperti minivan atau minibus dan motorhome atau campervan/RV yang memang dibangun khusus sesuai kebutuhan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com