Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Fitur Alva Cervo yang Bikin Nyaman Saat Riding

Kompas.com - 25/10/2023, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alva Cervo jadi pilihan sepeda motor listrik yang menarik dengan banderol Rp 37 jutaan.

Dengan tampilan dan desain yang cukup agresif, Alva Cervo juga memiliki berbagai fitur canggih.

Soal spesifikasi, Cervo memiliki kapasitas baterai 1,8 kWh. Baterai tersebut dihubungkan ke dinamo yang ada di tengah (mid drive) menghasilkan tenaga 13,1 TK dan torsi instan 53,5 Nm.

Kombinasi keduanya membuat motor listrik ini bisa melaju lebih dari 80 Km dan punya kecepatan puncak 103 Kpj. Untuk pengecasan di rumah, bisa memakan waktu empat jam sampai lima jam saja.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Motor Listrik Alva Cervo


Untuk fitur, Cervo sudah memakai lampu LED di semua bagian. Bahkan untuk penerangan utama memakai 10 proyektor yang disusun bertumpuk dan sangat terang di malam hari.

Salah satu fitur yang redaksi suka adalah layar instrumen full TFT. Tampilan atau interface juga menarik, bahkan menyesuaikan gambarnya sesuai mode dan kondisi cahaya, terang atau gelap.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Cervo memiliki tiga mode berkendara, Eco, Urban, dan Sport. Tiap mode sebenarnya pengaruh ke respons gas ketika dibuka, kecepatan puncak, dan jarak tempuh.

Baca juga: Balik Lagi ke Indonesia, Aleix Espargaro Berminat Tinggal di Bali

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Eco sudah sangat cukup buat harian, respons gas halus, kecepatan puncaknya ada di sekitar 70 Kpj dan jarak tempuhnya bisa sampai 125 Km.

Sedangkan Urban, instrumen jadi berwarna kuning. Mode ini cocok buat salip-menyalip di perkotaan, kecepatan puncaknya naik jadi sekitar 80 Kpj dan jarak tempuhnya menurun.

Kemudian untuk Sport, layar instrumen berubah jadi merah dan respons gas sangat instan yang memungkinkan motor berakselerasi dengan cepat.

Alva mengklaim kecepatan puncak mencapi 103 Kpj. Tapi di lain sisi, jarak tempuh melorot signifikan.

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Terakhir, ada tombol Boost yang bisa diaktifkan. Ketika dicoba, akselerasi dari titik diam sampai melaju di 80 Kpj sangat cepat diraih.

Mode Boost akan berhenti ketika pengendara menutup gasnya. Jadi memang benar-benar sebagai dorongan instan saja ketika dibutuhkan.

Selain itu, Boost tidak bisa diaktifkan kalau kedua baterai kondisinya di bawah 60 persen dan selisih keduanya di atas 15 persen. Ini jadi fitur yang bisa diaktifkan dengan beberapa syarat.

Fitur lain yang ditawarkan Cervo adalah sistem yang terhubung dengan telepon genggam. Nanti bisa ketahuan level baterai, sisa waktu pengecasan, sejarah perjalanan, sampai live tracking dan road assistant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com