Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi XForce Pakai Mesin, Platform, dan Transmisi Xpander

Kompas.com - 11/08/2023, 13:32 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi Xforce resmi dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp 379,9 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya. Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas ini dibangun menggunakan platform Xpander yang lebih dulu dipasarkan.

Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan platform Xpander memiliki reputasi yang baik sehingga digunakan pada Xforce.

“Kenapa Xforce menggunakan mesin dan transmisi yang sama dengan Xpander karena di ASEAN market reputasinya sudah tidak diragukan lagi,” ucap Hiroshi saat konferensi pers di GIIAS 2023.

Berhubung Xpander sudah meluncur cukup lama sejak tahun 2017, Hiroshi mengatakan beberapa penyempurnaan pun telah dilakukan.

Baca juga: Resmi Meluncur, Mitsubishi XForce mulai Rp 379,9 Juta

Mitsubishi resmi meluncurkan Xforce di GIIAS 2023. KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mitsubishi resmi meluncurkan Xforce di GIIAS 2023.

Meski platform, mesin dan transmisinya sama, namun ada peningkatan performa dalam hal kesinambungan pentransferan daya, khususnya untuk perjalanan dalam kota.

“Selain itu juga ada pengubahan pada CVT-nya, terutama pada pola perpindahan percepatannya, sehingga menciptakan sensasi pengemudian yang berkarakter mobil SUV,” ucap Hiroshi.

Ubahan lainnya juga diperlukan agar menunjang performa Xforce, khususnya pada bagian suspensi. Seperti penggantian ukuran roda dan setelan suspensinya.

Baca juga: Menko Airlangga Tanya Harga Mitsubishi XForce, MMKSI: Rp 400 Jutaan

“Platform dari Xpander sendiri sebenarnya sudah baik, jadi tidak memerlukan ubahan yang banyak selain yang sudah disebutkan tadi,” ucap Hiroshi.

Jadi, secara data spesifikasi mesin dan transmisi keduanya memang sama, hanya saja ada beberapa ubahan terkait penyesuaian karakter dari Xforce yang merupakan mobil SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com