Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Bodi Bus Baru Karoseri Laksana Pakai Sasis Tronton

Kompas.com - 03/08/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Laksana menjadi salah satu karoseri yang ikut serta meramaikan GIIAS 2023. Nantinya karoseri asal Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tersebut akan mengisi Hall 2D ICE BSD.

Jelang GIIAS 2023, Karoseri Laksana memberi isyarat akan meluncurkan bodi bus baru. Hanya saja untuk nama, merek sasis dan visual lengkap dari bodi bus anyar tersebut masih dirahasiakan.

Kemudian, perusahaan otobus (PO) yang akan menggunakan balutan calon bodi bus baru Karoseri Laksana juga masih belum diketahui. 

Baca juga: Anak Usaha PLN Kerja Sama dengan ABB, Kembangkan Layanan SPKLU

Namun, berdasarkan unggahan gambar pada Instagram @Laksanabus menampilkan sedikit bocoran gambaran calon bodi bus barunya. Dari postingan tersebut, siluet bodi bus nampak tampil setengah ditutupi kain hitam yang mana pada bagian bawahnya dibiarkan terbuka. 

Pada bagian bagian yang terbuka terlihat bila bus ditopang oleh sasis jenis tronton. Sasis tronton atau sasis triple axle sendiri punya tampilan khas yakni tiga poros roda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

Baca juga: Kemenperin Dorong Sektor Otomotif Melalui Digitalisasi

Saat ini di Indonesia sendiri merek yang memasarkan sasis jenis tronton ada Mercedes-Benz, Scania, dan Volvo. 

Sementara itu, biasanya sasis bus tronton sangat cocok untuk menopang bodi bus tingkat karena menawarkan tingkat keamanan dan ketangguhan yang lebih unggul dari sasis model biasa.

Maka dari itu, banyak yang menduga bila bodi bus bus baru dari Karoseri Laksana adalah model double decker atau bus tingkat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com