Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prestasi Bimasakti UGM di Ajang Formula SAE Italia

Kompas.com - 21/07/2023, 15:02 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) ambil bagian pada ajang Formula SAE Italia yang diselenggarakan oleh SAE International dan Associazione Nazionale Filiera Industria Automobilistica, di Sirkuit Riccardo Paletti, Parma, Italia, pekan lalu.

Tim Bimasakti UGM sukses meraih beberapa penghargaan yakni, posisi pertama Place Business Plan Presentation, Top 8 Overall, Top 5 Endurance, Top 6 Acceleration, Top 5 Skidpad, dan Top 5 Autocross.

Pada kategori Business Plan Presentation, Bimasakti menang atas Università di Bologna dan Università degli Studi di Padova.

Sebagai bentuk dukungan kepada Tim Bimasakti UGM, PT Bintang Chemical Indonesia, produsen cat Belkote menjadi salah satu sponsor tim ini di ajang Formula SAE Italy 2023.

Baca juga: Ini Model Motor Listrik Yadea yang Paling Diminati

"Pada mobil formula sebelumnya, Bimaksati hanya menggunakan stiker. Kali ini bekerja sama Radja TJ Studio, mobil formula student Tim Bimasakti UGM sudah menggunakan livery bodi mobil yang dilapisi cat," jelas ujar Eric Indra Kurniawan, Direktur PT Bintang Chemical Indonesia, dalam keterangan resminya, Jumat (21/7/2023).

Mobil formula Bimasakti UGM saat berlaga di ajang Formula SAE Italia.dok Bimasakti UGM Mobil formula Bimasakti UGM saat berlaga di ajang Formula SAE Italia.

“Berkolaborasi dengan salah satu painter muda asal Yogyakarta yaitu Radja TJ Studio, kami mencoba untuk melakukan sesuatu hal baru yang berbeda dari sebelumnya. Seluruh bahan cat yang digunakan oleh Radja TJ Studio dalam melakukan pengecatan termasuk livery dengan hand-painting,” tambah Eric.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Alphard Generasi Terbaru, Ada Varian Hybrid

Formula SAE Italy 2023 berlangsung di Sirkuit Riccardo Paletti, Varano ‘de Melegari, Italia pada tanggal 12 sampai 16 Juli 2023. Formula Student Italy merupakan salah satu seri kompetisi formula student yang diselenggarakan oleh SAE Internasional dan ATA (Associazione Tecnica dell’Autoveicolo).

Tahun ini, Formula SAE Italia diikuti oleh 78 peserta, dan Tim Bimasakti dari UGM, Indonesia berhasil berada pada posisi ke-8 dari keseluruhan peserta.

Ada lima kategori yang dilombakan dalam Formula SAE Italy 2023 yaitu Business Plan Presentation, Skid Pad, Endurance, Autocross dan Acceleration.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com