Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Ongkos Kepemilikan Hyundai Stargazer Active 5 Tahun Pertama

Kompas.com - 10/06/2023, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pertimbangan saat membeli mobil baru adalah soal ongkos perawatan dan kepemilikan alias cost of ownership. Pemilik perlu memperhitungkan biaya kepemilikan karena menyangkut rutinitas wajib demi kondisi mobil sehat dan bisa terus dipakai.

Beberapa perhitungan standar mengenai biaya perawatan dan kepemilikan, ialah bensin, servis dan suku cadang. Kemudian juga soal pajak tahunan dan lima tahunan (ganti kaleng) yang mesti dibayar pemilik mobil.

Baca juga: Lexus GX Generasi Ketiga Meluncur

Berdasarkan data yang diterima, Hyundai Stargazer punya PKB mulai dari Rp 3,2 juta sampai Rp 4,3 juta per tahun tergantung tipe. Untuk tipe terendah Stargazer Active yaitu Rp 3,2 juta berarti butuh Rp 16 juta sampai lima tahun.

Salah satu pertimbangan saat membeli mobil baru adalah soal biaya perawatan dan kepemilikan. Pemilik perlu memperhitungkan cost of ownership agar kondisi mobil awet dan bisa terus dipakai.Foto: Hyundai Salah satu pertimbangan saat membeli mobil baru adalah soal biaya perawatan dan kepemilikan. Pemilik perlu memperhitungkan cost of ownership agar kondisi mobil awet dan bisa terus dipakai.

Kemudian berdasarkan catatan tes redaksi, Stargazer Active mencatat konsumsi bahan bakar 12,2 kilometer per liter (Kpl) untuk rute dalam kota.

Jika dihitung konsumsi 5 tahun dengan kisaran jarak 75.000 Km, artinya membutuhkan bensin sebanyak 6.117 liter. Kemudian jika dikali dengan harga Pertamax (Rp 12.400/Juni 2023) maka biaya BBM selama lima tahun sekitar Rp 75.850.800

Baca juga: Lexus GX Generasi Ketiga Meluncur

Servis Berkala

Soal servis, dari data yang ada rincian perawatan dari 1.000 Km sampai 70.000 Km, Hyundai memberikan gratis biaya servis dan jasa. Sehingga total biaya yang dikeluarkan oleh pemilik kendaraan adalah Rp 0.


Kompas.com menjajal Stargazer tipe Active alias tipe terendah. Mengapa demikian sebab Kompas.com ingin tahu apa yang didapat oleh konsumen di varian paling standar iniKOMPAS.com/Adityo Wisnu Kompas.com menjajal Stargazer tipe Active alias tipe terendah. Mengapa demikian sebab Kompas.com ingin tahu apa yang didapat oleh konsumen di varian paling standar ini

Berbeda dengan pabrikan mobil lain yang biasanya yang melakukan servis setiap 10.000 Km, Hyundai memberlakukan servis kendaraannya per 15.000 Km. Kemudian hitungan 5 tahunnya ialah sampai 75.000 km

Pemilik kendaraan baru dikenakan biaya servis berkala pada jarak 75.000 Km dengan biaya Rp 1.029.882.

Artinya total secara keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rutin Stargazer Active di bengkel resmi selama lima tahun atau 60 bulan dengan kisaran jarak 75.000 Km yaitu Rp 1.029.882.

Baca juga: Jadwal MotoGP Italia 2023, Sprint Race Digelar Malam Ini


Kompas.com menjajal Stargazer tipe Active alias tipe terendah. Mengapa demikian sebab Kompas.com ingin tahu apa yang didapat oleh konsumen di varian paling standar ini.KOMPAS.com/Adityo Wisnu Kompas.com menjajal Stargazer tipe Active alias tipe terendah. Mengapa demikian sebab Kompas.com ingin tahu apa yang didapat oleh konsumen di varian paling standar ini.

Jika dijumlahkan, biaya kepemilikan Stargazer Active mulai dari pajak, bensin dan servis selama 5 tahun dengan rentang pemakaian sekitar 75.000 Km sesuai acuan bengkel resmi mencapai Rp 92.880.682

Jika dibagi per tahunnya, biaya yang harus disiapkan mulai dari Rp 18.576.136. Sedangkan per bulan, pemilik harus menyiapkan uang Rp 1.548.011, dan jika dirinci per hari maka sekitar Rp 51.600.

Namun perlu dicatat bahwa perhitungan tersebut hanya kisaran saja, sebab beberapa harga komponen atau suku cadang, harga bahan bakar, bisa berubah-ubah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com