Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Tenaga Yaris Cross Hybrid dan Grand Vitara SHVS

Kompas.com - 22/05/2023, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibandingkan dua kompetitor yang bermain di kelas SUV segmen B, secara tenaga Toyota Yaris Cross mesin bensin 1.500 cc harus mengakui keunggulan HR-V dan Creta.

Secara poisisi, Honda HR-V mendominasi baik dari sisi tenaga dan torsi. Sementara Yaris Cross berada tepat di bawah Hyundai Creta.

Lantas bagaimana untuk versi hybrid. Selain versi bensin, Toyota juga menyediakan Yaris Cross Hybrid bermesin 1.500 cc dengan baterai lithium-ion yang pertama pada jajaran produk hibridanya.

Untuk hybrid, salah satu kompetitor Yaris Cross di Indonesia adalah Suzuki Grand Vitara yang mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) atau biasa disebut mild hybrid.

Baca juga: Test Drive K-Kooper, Mobil Listrik Termurah di Indonesia Cuma Rp 85 Juta

Mesin Toyota Yaris Cross HybridToyota Mesin Toyota Yaris Cross Hybrid

Cara kerja dari sistem hybrid keduanya jauh berbeda. Sementara soal mana yang paling bertenaga, simak pembahasan singkat berdasarkan data di atas kertas.

Suzuki Grand Vitara hadir dengan mesin K15C Dual Jet berkapasitas 1.500 cc yang diklaim punya keunggulan dalam hal ramah lingkungan dan lebih efisien.

Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 103,06 ps atau setara 101,6 tk pada 6.000 rpm dengan torsi 136,8 Nm di 4.400 rpm. Hasil olahan tenaga ditransfer via transmisi matik konvensional alias AT 6 percepatan ke roda depan.

Baca juga: Adu Tenaga Yaris Cross Bensin, Hyundai Creta, dan Honda HR-V

Mesin Suzuki Grand VitaraKompas.com Mesin Suzuki Grand Vitara

Grand Vitara hadir menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) yang fungsinya sebagai pengganti alternator untuk memberikan dukungan tenaga pada mesin. Dengan demikian, bisa meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Baterainya juga sudah mengusung lithium-ion, hanya saja bukan untuk menggerakkan roda, melainkan menyimpan tenaga dari ISG untuk digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga.

Untuk Toyota Yaris Cross Hybrid mengaplikasi mesin 2NR-VEX DOHC Dual VVT-i. Berdasarkan data, tenaga yang dihasilkan sebesar 67 kW atau bila dikonversi sebesar 91 tk dan torsi 121 Nm.

Baca juga: Impresi Berkendara Suzuki S-Presso ke Luar Kota

Dikolaborasikan dengan baterai dan motor listrik berdaya 59 Kw atau 80,2 tk dan torsi 141 Nm, jelas secara tenaga Yaris Cross Hybrid lebih unggul dari Grand Vitara.

Teknologi yang digunakan juga berbeda. Aplikasi Toyota Hybrid System (THS) dengan pengembangan baterai lithium-ion dan motor listrik, mampu untuk menggerakkan roda Yaris Cross.

All New Toyota Yaris Cross HybridTAM All New Toyota Yaris Cross Hybrid

 

Karena itu terdapat pilihan EV Mode yang memungkinkan penggunanya merasakan sensasi layaknya berkendara mobil listrik murni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com