Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Pesaing Wuling Air ev, Seres E1 Belum Bisa Dipesan

Kompas.com - 20/05/2023, 16:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seres, merek mobil listrik yang baru diperkenalkan Sokonindo Automobile di PEVS 2023 akan menjual mobil listrik mungil Seres E1 di pertengahan 2023.

Pada pameran yang berlangsung di JIExpo sampai Minggu (21/5/2023), pengunjung bisa melihat Seres E1 secara langsung. Selain itu, hadirnya Seres juga menawarkan pilihan untuk masyarakat yang sedang mencari mobil listrik mungil.

Mengenai pemesanan, Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile mengatakan, sampai saat ini memang belum dibuka pemesanan secara resmi.

Baca juga: Seres Mau Bawa SUV Listrik, Bagaimana Nasib SUV DFSK?

Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023KOMPAS.com/ADITYO WISNU Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023

"Kalau mau ada yang pesan, tidak kami tola. Tapi kami officiallu tidak buka (pemesanan)," ucap Fiqi di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Tapi, pengunjung bisa saja mendatangi ke sales untuk dititipkan informasi mengenai kapan akan mulai dijual mobil tersebut. Sebelumnya di GIIAS tahun lalu, dikabarkan kalau Seres E1 atau dulu DFSK Mini EV akan dibanderol Rp 200 jutaan.

"Tapi itu belum official, mudah-mudahan bisa segitu (Rp 200 jutaan bahkan di bawahnya)," kata Fiqi.

Baca juga: Gara-gara Tikus, Kabin Xpander Ini Dibongkar Total


Soal produk, Seres E1 yang dipamerkan di PEVS sudah 70 persen seperti yang nanti akan dijual. Tentu masih ada beberapa penyesuaian baik segi fitur sampai detail-detail yang penting.

Pihak Sokonindo belum menjabarkannya secara detail terkait spesifikasinya. Baru ada sedikit fitur yang bisa diintip dari selembaran brosur Seres E1.

"Intinya mobil ini memiliki kemampuan yang cukup untuk menjadi mobil listrik di kota, lebih lapang untuk mini city car," kata Fiqi.

Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023KOMPAS.com/ADITYO WISNU Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023

Secara dimensi, E1 punya panjang 3.030mm, lebar 1.495mm, dan tinggi 1.640mm. Sedangkan untuk wheelbase, panjangnya 1.960mm. Sama seperti pesaingnya (Wuling Air ev), bisa membawa empat orang.

Pada sisi kaki-kaki, memakai MacPherson di depan dan torsion beam multilink di belakang. Pelek yang digunakan 13 inci dan sudah alloy, bukan kaleng dengan finish diamond cutting.

Untuk tipe baterai yang digunakan adalah Lithium Iron Phosphate dan sudah memenuhi IP67. Kapasitas baterainya 16,8 kWh namun untuk jarak tempuh masih belum diberi tahu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com