Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil Listrik Mungil Seres E1, Penantang Wuling Air ev

Kompas.com - 17/05/2023, 18:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seres E1 resmi diperkenalkan di Periklondo Electric Vehicle Show (PEVS), Rabu (17/5/2023). Seres sendiri menjadi merek baru yang dibawa Sokonindo Automobile bersama DFSK.

Kalau lihat Seres E1, sebenarnya sudah pernah dibawa juga oleh DFSK ke PEVS tahun lalu. Namun waktu itu, mobil listrik mungil tersebut diberi nama DFSK Mini EV dan masih setir kiri.

Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile mengatakan, Seres E1 merupakan pengembangan dari Mini EV, ada berbagai ubahan yang diterapkan pada mobil listrik tersebut.

Baca juga: Merek Seres Resmi Diperkenalkan, Siap Jualan Mobil Listrik Mungil E1

Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023

"Ini merupakan pengembangan yang kita sudah show dari satu setengah tahun lalu, kita datangkan setir kiri, dan ini sudah ada setir kanannya. Mudah-mudahan pertengahan tahun bisa kita announce untuk harga jual dan lain-lain," ucapnya di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Soal spesifikasi, pihak Sokonindo belum menjabarkannya secara detail. Baru ada sedikit fitur yang bisa diintip dari selembaran brosur Seres E1.

"Intinya mobil ini memiliki kemampuan yang cukup untuk menjadi mobil listrik di kota, lebih lapang untuk mini city car," kata Fiqi.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Sulit Terekam Kamera ETLE

Kabin Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Seres E1 diperkenalkan saat PEVS 2023

Secara dimensi, E1 punya panjang 3.030mm, lebar 1.495mm, dan tinggi 1.640mm. Sedangkan untuk wheelbase, panjangnya 1.960mm. Sama seperti pesaingnya (Wuling Air ev), bisa membawa empat orang.

Pada sisi kaki-kaki, memakai MacPherson di depan dan torsion beam multilink di belakang. Pelek yang digunakan 13 inci dan sudah alloy, bukan kaleng dengan finish diamond cutting.

Untuk tipe baterai yang digunakan adalah Lithium Iron Phosphate dan sudah memenuhi IP67. Kapasitas baterainya 16,8 kWh namun untuk jarak tempuh masih belum diberi tahu.

Untuk waktu pengecasan, diklaim 4 jam sampai 4,5 jam dari 10 persen sampai 90 persen. Posisi dinamo ada di belakang alias penggerak belakang dengan model Permanent Magner Synchonous Motor.

Tenaga dari dinamo tersebut sekitar 30 kW (peak) atau setara 40,2 TK dan torsi 100 Nm. Transmisinya otomatis, satu percepatan layaknya mobil listrik mungil lain.

Pada brosur yang disebar saat PEVS tersedia empat pilihan warna, yakni elegant white, mist rose, oxygen blue, dan fairy green.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com