Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Tegaskan Yaris Cross Bukan Pengganti Rush di Indonesia

Kompas.com - 16/05/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan kendaraan sport utility vehicle (SUV) terbarunya yakni Yaris Cross di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Mobil yang bermain di segmen SUV ringkas kelas B, bakal dipasarkan dengan rentang harga Rp 300 juta sampai Rp 400 juta.

Kehadiran Yaris Cross di Indonesia pun memunculkan spekulasi, tak sedikit pihak yang mengatakan bahwa mobil baru ini bakal menjadi pengganti dari Toyota Rush yang kabarnya bakal segera disuntik mati.

Baca juga: Penjelasan Toyota Perbedaan Yaris Cross DNGA dengan TNGA

Terlebih, sejak generasi kedua meluncur pada 2017, SUV 7 seater Toyota itu belum mendapatkan pembaruan.

Menanggapi hal ini, Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM menjelaskan, kehadiran Yaris Cross bukan sebagai pengganti Rush. Sebab, keduanya berada di segmen yang berbeda.

“Kendaraan ini baru dan bukan pengganti Rush. Yaris Cross segmen medium SUV 5 seater dan Rush itu medium SUV 7 seater,” ucap Henry, di Jakarta, Senin (15/5/2023).

“Dua segmen ini terus tumbuh, dan kita lihat keduanya cukup penting, maka dari itu kita perkenalkan di segmen ini untuk memberikan solusi untuk kebutuhan konsumen di segmen tersebut,” lanjutnya.

Eksterior Toyota Rush GRKOMPAS.com/Adityo Wisnu Eksterior Toyota Rush GR

Sebagai informasi, kendaraan SUV segmen B di Tanah Air saat ini memang sangat seksi. Sebut saja beberapa merek yang sudah menghuni segmen tersebut mulai dari Chery Omoda 5, Honda HR-V, Suzuki Grand Vitara, Hyundai Creta hingga Wuling Alvez.

Baca juga: Toyota Targetkan Penjualan Yaris Cross Mencapai 1.800 Unit per Bulan

Sementara untuk Rush yang berada di segmen SUV medium 7 seater juga memiliki beberapa pesaing mulai dari Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com