Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

245 unit Mobil Listrik Sudah Tiba, Siap Dipakai untuk KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 03/05/2023, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 245 kendaraan listrik sudah tiba di wilayah Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk digunakan sebagai kendaraan operasional selama gelaran KTT ASEAN 2023 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Mobil berbasis listrik yang mencangkup Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 5, Wuling Air ev, sampai BMW iX tersebut dikirim oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui terminal multipurpose.

General Manager Pelindo Cabang Labuan Bajo Dimaz Yuliono menjelaskan, jika terminal dimaksud memang sangat sibuk sepekan terakhir dengan penerimaan fasilitas KTT ASEAN 2023, termasuk distribusi mobil listrik.

Baca juga: Suzuki Engage Kembaran Innova Zenix Meluncur Bulan Depan

PT PLN (Persero) menyiapkan 108 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan BajoDokumen PLN PT PLN (Persero) menyiapkan 108 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo

Terminal Multipurpose juga melayani sandar kapal yang membawa sejumlah peralatan dan fasilitas pengamanan milik TNI AL dan Kepolisian.

“Kami memberikan layanan terbaik sebagai bentuk komitmen mendukung KTT ASEAN 2023,” ujar Dimaz dalam keterangan tertulisnya dilansir dari Antara, Rabu (3/5/2023).

Saat ini ratusan kendaraan sudah terparkir di plataran parkir Kantor Bupati Manggarai Barat.

Penggunaan kendaraan listrik pada perhelatan internasional tersebut, sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia untuk mewujudkan penggunaan energi baru dan terbarukan.

Baca juga: Video Motor Korban Bengkel di Sentul Diperbaiki Relawan

Tak cuma mengirim mobil listrik, Pelindo juga menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung, salah satunya lapangan penumpukan barang serta kapal tunda untuk bongkar muat dan sandar kapal.

Adapun KTT ASEAN 2023 yang digelar di Labuan Bajo dua pekan mendatang bakal dihadiri para petinggi sepuluh negara anggota ASEAN. Mereka nantinya bakal memakai mobil listrik yang sudah disediakan untuk operasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com