Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan Marquez di GP Jerez, Iker Lecuona Sebut Tugas Berat

Kompas.com - 27/04/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez kembali absen pada MotoGP Spanyol 2023 yang digelar di Sirkuit Jerez, 30 April 2023. Posisi Marquez, akan digantikan pebalap WSBK Honda yaitu Iker Lecuona.

Seperti diketahui Marquez menjalani operasi usai cedera di MotoGP Portugal. Operasinya disebutkan berjalan lancar. Namun pebalap asal Spanyol itu belajar dari pengalaman untuk tidak memaksakan diri.

Baca juga: Modus Terserempet, Gerombolan Pemuda Ini Palak Pengendara Mobil

Sebelumnya Marquez sudah digantikan oleh pebalap penguji Stefan Bradl tetapi, di Jerez, Honda memilih Lecuona.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.

“Pertama saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Marc dalam pemulihannya, dia adalah referensi di MotoGP dan saya pikir tidak hanya para penggemar, tetapi juga para pembalap sangat merindukannya,” kata Lecuona dilansir dari Crash.net, Kamis (27/4/2023).

“Bagi saya, tentu saja ini kesempatan luar biasa untuk kembali ke MotoGP dan membalap bersama tim impian saya. Melakukannya di depan penonton Spanyol adalah hal yang istimewa," kata dia.

Baca juga: Waspada, Ini Akibatnya jika Motor Pakai Oli Palsu

Meski dapat kesempatan emas, Lecuona sadar tugasnya berat. Bukan hanya menggantikan Marquez balapan, tapi saat ini semua mata sedang tertuju pada performa Honda khususnya tim pabrikan Repsol Honda.

Foto stok: Motor balap Honda RC213VKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Motor balap Honda RC213V

“Tapi kami harus realistis, ini akan menjadi akhir pekan yang sangat berat dan menuntut," kata Lecuona.

"Saya telah menghabiskan tahun ini dan tahun lalu sepenuhnya fokus pada WorldSBK dengan Tim HRC dan sekarang saya harus terbiasa dengan segala sesuatu yang berbeda di MotoGP serta mempelajari motor baru Honda RC213V," kata dia.

"Tidak peduli apa, aku akan melakukan yang terbaik dan mari kita lihat apa hasilnya," ujar Lecuona yang juga mantan pebalap tim satelit KTM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com