Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Nyeleneh Selebgram, Ganti Setir Mobil Pakai Wajan Anti Lengket

Kompas.com - 23/04/2023, 16:22 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAs.com - Ada-ada saja ulah selebgram yang satu ini. Alih-alih menggunakan setir bawaan pabrikan yang sudah dirancang sangat baik, malah diganti menggunakan wajan anti lengket.

Pria tersebut bernama Cam Casey, dia merupakan penggemar otomotif dan sering membuat hal-hal nyeleneh. Aksi terbarunya yaitu mengganti setir mobilnya pakai wajan anti lengket.

Tentu saja aksi itu banyak menuai kritik. Para netizen terbelah dua ada yang bilang bahwa hal itu konyol karena berisiko tapi ada juga yang suka dengan konten seperti itu karena dianggap menghibur.

Baca juga: Cerita Teknisi Bengkel Soal Fenomena Konsumen Panik di Musim Mudik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cam Casey (@camcasey)

Bicara soal modifikasi mobil, apalagi menyangkut setir memang tidak bisa sembarangan, apalagi pada mobil-mobil baru.

Sebab dewasa ini mobil baru memiliki airbag di dalamnya, sehingga jika diganti fitur tersebut dipastikan hilang.

Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, mengubah setir kemudi bisa menghilangkan beberapa fungsi seperti airbag.

"Modifikasi sama sekali tidak direkomendasikan, karena tiap ubahan bisa mengakibatkan tidak bekerjanya salah satu fitur. Sehingga mengurangi tingkat keamanan berkendara. Tapi memang dewasa ini perlaku modifikasi mobil tidak bisa dihindari," ucap Anjar kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Awas Arus Balik, Hindari Lonjakan Kendaraan pada 24-25 April 2023

setir innova zenix carbonKompas.com/Nanda setir innova zenix carbon

"Bila memang ingin modifikasi setir, pastikan bahwa airbag masih bekerja. Sebab salah satu keterkaitan setir adalah pada airbag tersebut. Lalu pada kabelnya, jangan sampai menyebabkan korsleting," kata dia.

Pebalap nasional Rifat Sungkar menjelaskan, pemilik mobil jangan asal memodifikasi setir terutama memakai setir mobil balap karena justru dapat membahayakan pengemudi.

"Zaman mobil tahun 90-an ke belakang, setir diganti-ganti itu buat kita biasa saja, karena kan berasa aroma racing-nya, gitu. Tapi sekarang, sistem mobil itu kan ada airbag-nya. Setirnya itu terintegrasi dengan sistem keamanan lain," jelas Rifat.

Memodifikasi setir mobil menjadi setir ala mobil balap atau setir quick release berbahaya karena saat terjadi kecelakaan, karena fungsi airbag menjadi hilang.

Baca juga: Kecelakaan Tabrak Belakang di Jalan Tol Kerap Terjadi Dini Hari

Setir mobil balap tidak dilengkapi dengan airbag karena keselamatan pengemudi sudah ditunjang oleh fitur-fitur lain seperti seatbelt khusus dan roll bar. Sedangkan di mobil produksi massal tidak demikian.

"Kalau mobil balap tidak ada airbag. Mobil balap sudah ada roll bar, udah ada bangku balap. Safety belt-nya, orang biasanya pakai mobil safety belt-nya segitiga, dari samping cuma dua titik. Mobil balap enam (titik) dan lebih lebar," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com