Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rata-rata Kecepatan Mobil Pemudik di Tol Trans-Jawa Tembus 71 Km Per Jam

Kompas.com - 20/04/2023, 12:05 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta ke arah timur, yaitu ke Cikampek, Cipali, hingga Kalikangkung, Semarang, terpantau mengalami kenaikan menjelang H-3 Lebaran atau pada Rabu (19/4/2023) malam.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, lonjakan kendaraan yang melintas naik 20 persen dari arus mudik Lebaran pada tahun 2022.

“Alhamdulillah sekalipun ada lonjakan kendaraan, namun kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun 2022 lalu yaitu dari 69 km per jam (kpj) menjadi 71 kpj. Ini membuktikan kita improve dibanding tahun lalu,” ucap Budi dalam keterangan resmi, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Ramai Video Mobil Pemudik Salip Sembarangan di Tol, Ingat Etikanya

Budi melanjutkan, hasil tersebut tak terlepas dari adanya persiapan yang baik dari para stakeholder (Kementerian PUPR, Korlantas, Jasa Marga) untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan.

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.
Jasa Marga Pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Beberapa upaya yang dilakukan di antaranya menambah infrastruktur jalan dari empat lajur menjadi sampai dengan Km 70 hingga menambah fasilitas rest area dan kapasitas rest area.

Lebih lanjut, menghadapi arus balik nanti, Budi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak pulang di hari Senin dan Selasa depan, yaitu 24 dan 25 April 2023, karena diprediksi akan menjadi puncak pergerakan arus balik.

Baca juga: Jangan Mengemudi Lebih dari 4 Jam Saat Mudik Lebaran

Budi menganjurkan masyarakat untuk melakukan perjalanan balik sebelumnya atau sesudahnya, yakni pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat (26, 27, dan 28 April 2023).

“Di hari Kamis dan Jumat (27 dan 28 April 2023), Jasa Marga berbaik hati akan memberikan diskon tarif tol 20 persen. Karena terbukti pada arus mudik kemarin, dengan adanya diskon, pergerakan kendaraan tumbuh sekitar 12 persen, sehingga banyak masyarakat yang mudik lebih awal,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com