Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Rute Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 18/04/2023, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu persiapan sebelum mudik adalah menentukan rute yang akan dilewati. Langkah ini perlu direncanakan dengan baik sebelum memulai perjalanan.

Salah satu metode memilih rute bisa dengan bantuan Google Maps. Teknologi yang semakin maju, tentu perlu dimanfaatkan untuk mempermudah hidup, termasuk memilih rute mudik.

Biasanya Google Maps akan memberikan beberapa opsi terkait rute yang akan ditempuh setelah menentukan titik keberangkatan dan tujuan. Lantas, rute seperti apa yang sebaiknya kita pilih?

Baca juga: Ada Dua Opsi Rute yang Mau Melintasi Tol Fungsional Japek II Selatan

cek one way di gmapsKompas.com/soffyaranti cek one way di gmaps

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan rute mudik yang sebaiknya dipilih pemudik adalah jalan yang kondisinya menguntungkan.

“Memilih rute mudik perlu disesuaikan dengan kondisi yang menguntungkan, salah satunya yaitu aman, artinya pengemudi sudah familiar dengan lingkungan yang akan dilewati, termasuk memastikan jauh dari kejahatan, bahaya alam dan kenal karakter masyarakatnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Dia mengatakan penting juga memilih rute yang cocok dengan kendaraan, sehingga medan yang dilalui harus yang mampu dilalui oleh mobil yang dikendarai.

Baca juga: One Way Tol Cipali, Khusus buat Pemudik Tujuan Semarang dan Seterusnya

Cara cek jalan one way dengan Google Maps. Cara cek jalan one way dengan Google Maps.

“Perhatikan lebar jalan, kontur jalan yang naik turun, lalu cukup terdapat pom bensin dan ada space untuk istirahat diantaranya,” ucap Sony.

Selain itu, penting sekali memilih rute yang bebas kemacetan menurut Sony, dia mengatakan lebih baik memilih jalan yang sedikit memutar tapi lancar daripada terjebak macet.

“Untuk memilih rute ini, salah satunya bisa mengandalkan aplikasi Google Maps dan dikolaborasikan dengan pengetahuan kita terhadap kondisi jalan tersebut, setelah itu baru bisa melakukan perjalanan dengan mantap,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com