Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Perawatan Ban Cadangan Sebelum Mudik Lebaran

Kompas.com - 17/04/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum memulai perjalanan mudik lebaran, mempersiapkan kondisi mobil di semua sisi harus jadi prioritas utama pengemudi.

Satu komponen penting yang seringkali diabaikan, yakni ban cadangan. Walaupun komponen ini nampaknya jarang digunakan dan sifatnya sangat situasional, kondisinya harus betul-betul dipastikan baik sebelum mudik.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad yani menjelaskan, ban cadangan bisa menyelamatkan pemudik dari situasi runyam saat terjadi kendala selama perjalanan mudik.

“Misalnya di jalan terjadi masalah seperti ban bocor, pemudik bisa langsung mengganti dengan ban cadangan dan tetap melanjutkan perjalanan, makanya jangan sampai ban cadangan tidak dipersiapkan,” kata dia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Produsen Pelumas Ini Berbagi Kepedulian di Bulan Ramadhan

Semir ban mobil jenis foamDicky Aditya Wijaya Semir ban mobil jenis foam

Fisa Rizqiano, Deputy Head of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia, membagikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan pemudik untuk mempersiapkan dan memastikan kondisi ban cadangan mobil.

Pertama, keluarkan ban cadangan dari ruang kompartemennya. Langkah ini juga bisa menjadi latihan supaya pemudik paham cara mengeluarkan ban cadangan dari mobilnya.

Kadua, kosongkan ban dan isi dengan angin yang baru. Setelah ban terisi dan tekanannya sesuai, amati kondisi fisik ban mulai dari kembangan sampai sidewall alias samping ban.

Ketiga, cuci ban dengan menggunakan sabun sembari memperhatikan permukaan ban. Biasanya, kerusakan minor seperti bocor halus bisa ditemukan lewat tahap ini.

“Selain mencari kerusakan minor, pengguna juga bisa lebih memastikan kondisi fisik ban. Setelah dicuci dan dibersihkan dari debu, kerusakan seperti retak-retak akan jelas terlihat. Kalau kondisi karet ban masih bagus dan tidak getas, ban masih aman. Tapi kalau ada kendala berupa pecah atau retak, tandanya ban harus diganti,” kata Fisa.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com