Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP Amerika 2023, Bagnaia Juara, Quartararo dan Marquez Crash

Kompas.com - 16/04/2023, 03:30 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sprint race MotoGP Amerika 2023 di Sirkuit Austin dipimpin oleh Francesco Bagnaia yang meraih pole position. Pebalap Ducati ini berhasil mempertahankan posisinya hingga melewati garis finis.

Sedangkan di posisi kedua ada pebalap LCR Honda Alex Rins dan pada posisi ketiga ada pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin.

Sprint Race GP Amerika ini juga diwarnai oleh insiden kecelakaan. Fabio Quartararo dan Alex Marquez gagal meraih poin karena terjatuh. Begitu juga dengan rider Ducati Lenovo, Michele Pirro.

Bagnaia start dari urutan terdepan sempat gagal mempertahankan posisinya. Alex Rins yang start dari urutan kedua langsung mengambil alih jalannya balapan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika 2023, Francesco Bagnaia Pole Position

Namun, tak butuh waktu lama, Bagnaia langsung menyalip Rins. Pebalap LCR Honda tersebut juga tidak mudah menyerah, keduanya langsung salip menyalip di lap pertama.

Alex Rins, pebalap tim LCR Honda saat berlaga di MotoGP Portugal 2023.Twitter @rins42 Alex Rins, pebalap tim LCR Honda saat berlaga di MotoGP Portugal 2023.

Bagnaia berhasil menyalip Rins kembali saat di trek lurus. Tenaga yang dimiliki oleh Ducati Desmosedici GP23 sangat menguntungkan Bagnaia.

Sementara itu, Aleix Espargaro berhasil naik ke posisi ketiga. Diikuti oleh Fabio Quartararo di belakangnya dan Jorge Martin.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Amerika 2023, Francesco Bagnaia Tercepat

Performa Martin terlihat luar biasa, dia berhasil memperbaiki posisinya dengan menyalip tujuh pebalap di depannya dan naik ke posisi kelima.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

Masuk lap kedua, Rins mengendur performanya dan melebar saat masuk tikungan, dia pun langsung disalip oleh Aleix. Rins kemudian menjadi incaran Quartararo untuk disalip.

Namun, tak mudah bagi Quartararo. Rins bisa menjaga jaraknya dengan cukup baik. Sementara itu, Martin malah terus memberikan tekanan pada Quartararo.

Pada lap ketiga, Martin pun berhasil menyalip pebalap Yamaha tersebut pada trek lurus. Quartararo tidak sanggup berbuat banyak menyaingi kemampuan akselerasi Ducati.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023

Martin yang start dari posisi ke-12 sudah mengincar posisi ketiga dari Rins pada lap keempat. Sementara itu, Bagnaia terus membuka jarak dengan Aleix yang berada di belakangnya.

Masih di lap keempat, Quartararo kesulitan bertahan dari serangan Ducati. Kali ini, dia disalip oleh Alex Marquez. Sebelum disalip oleh Alex, Quartararo terlihat kesulitan menghentikan laju Yamaha M1 karena mencoba untuk mengerem lebih lambat.

Sayangnya, pada lap kelima, Quartararo tersungkur karena mencoba terlalu keras pada pengereman motornya. Pada barisan depan, Bagnaia sudah unggul 1 detik dari Aleix.

Pada lap keenam, Rins mencoba menyalip Aleix. Tapi, dia melebar dan Aleix pun keluar tikungan lebih dulu. Sementara itu, persaingan di belakangnya cukup ketat antara Alex dengan Martin.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com