Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opsi Mudik Lebaran Menggunakan Campervan, Simak Tipsnya

Kompas.com - 13/04/2023, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mudik menjadi tradisi yang selalu melekat pada masyarakat Indonesia pada saat bulan Ramadhan.

Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk pulang ke kampung halaman dan merayakan momen Lebaran. Bahkan, tidak jarang pemudik punya ide nyeleneh dalam menggunakan kendaraan pada saat mudik.

Misalnya seperti fenomena kasur yang digelar di dalam kabin mobil agar pemudik bisa bersantai selama perjalan. Padahal, cara ini justru tidak aman lantaran mengundang banyak bahaya bagi keselamatan berkendara.

Baca juga: Avanza - Xenia Seken Laris Manis, buat Dipakai Mudik Lebaran

Maka dari itu, tidak ada salahnya menggunakan campervan pada saat melakukan mudik. Campervan sendiri adalah gubahan atau modifikasi mobil yang menyesuaikan kebutuhan pemilik mobil, begitu juga untuk biaya pembuatannya.

Kendati campervan sendiri kerap digambarkan sebagai mobil yang digunakan untuk berkemah atau kemping, namun kendaraan ini juga aman digunakan untuk mudik.

“Campervan juga bisa digunakan untuk mudik. Spesifikasi campervan lebih mendukung ketika butuh dan ketika ada kesempatan untuk istirahat,” kata Abdul Rojak, Sales Consultant Karoseri Delima Mandiri kepada Kompas.com, Rabu (13/4/2023).

DFSK Campervan buatan Karoseri Delima MandiriKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI DFSK Campervan buatan Karoseri Delima Mandiri

Rojak juga memberikan beberapa tips aman mudik menggunakan campervan. Yang pertama ialah cek kelengkapan surat kendaraan dan performa mesin mobil jauh sebelum keberangkatan agar mudik lebih aman.

Kedua, padtikan logistik, bahan bakar dan E-Toll cukup. Jika sedang berpuasa, bawalah makanan yang bertahan lama atau tidak cepat basi. Lalu pertimbangkan pula rute perjalan untuk biaya told dan estimasi BBM.

Baca juga: Daftar 14 Titik SPKLU Baru di Rest Area Jalan, buat Mobil Listrik

Ketiga jangan bawa barang berlebihan untuk meminimalisir ruang di campervan. Keempat, pastikan kenyamanan dari fitur yang ada di campervan.

“Kelima jaga fisik tetap prima dan meluangkan waktu untuk istirahat. Hal ini untuk menjaga kondisi pengemudi dan mesin mobil tetap prima,” kata Rojak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com