Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza - Xenia Seken Laris Manis, buat Dipakai Mudik Lebaran

Kompas.com - 12/04/2023, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil88 mengungkapkan pertumbuhan pasar mobil bekas saat ini, menjelang periode Lebaran 2023, tengah bertumbuh signifikan sampai 15 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal tersebut sejalan dengan dihapuskannya pembatasan mobilitas masyarakat oleh pemerintah, tidak seperti dua tahun sebelumnya.

"Pada periode Lebaran 2023 ini, stok kita cepat sekali perputarannya. Jika kita bandingkan dengan tahun lalu peningkatannya 10-15 pesen. Secara bulanan, lompatannya eksponensial yaitu 20 persen," kata Chief Operating Officer Mobil88, Sutadi, Selasa (11/4/2023).

Baca juga: Konsumsi BBM 3 Jagoan Mitsubishi Libas Rute Jakarta - Palabuhan Ratu

Mobil mewah di pasar mobil bekasOtomania/Setyo Adi Mobil mewah di pasar mobil bekas

Lantas bagaimana dengan jenis mobil bekas yang paling laku selama periode mudik Lebaran 2023?

Sutadi mengungkapkan bahwa secara umum model kendaraan keluarga 7-penumpang seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan yang paling banyak dicari.

"Bagaimanapun, orang Indonesia itu cinta keluarga. Kalau bisa dibawa semua, kakek, nenek, saudara, sampai kerabat dekat. Dan, kebanyakan juga orang Indonesia itu mudik ketika Lebaran," kata dia.

Sementara untuk kondisi mobilnya, ialah grade B dan C. Di mana, kondisi mobil dari keadaan awalnya sudah 75-89 persen. Secara rata-rata, mobil pun sudah digunakan sampai tiga tahun oleh pemilik sebelumnya.

Baca juga: AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin, Tanda Mesin Mengalami Overheat?

Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran Mobil88 Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran

Pada segmen ini, tidak terbatas kisaran harganya. Tapi kebanyakan, yang paling laku berada rentang Rp 250 juta sampai Rp 350 juta.

"Lebaran maupun tidak lebaran, umumnya populasi used car itu C dan B (grade). Karena memang itu mobil yang paling banyak masuk dan dicari, sebab berharga murah tapi kualitas masih baik," ucap Sutadi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com