Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPKLU dan Rest Area Sementara Tersedia di Tol Fungsional

Kompas.com - 11/04/2023, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan 11 ruas jalan tol baru yang diproyeksikan dapat beroperasi fungsional untuk mendukung arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2023.

Tol yang siap fungsional saat Lebaran 2023 ini memang terbilang pendek, tetapi sifatnya menyambungkan sehingga perannya sangat penting.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono, mengatakan, masih ada beberapa hal yang perlu diantisipasi di 11 ruas jalan tol baru yang beroperasi fungsional.

Baca juga: Toyota Siap Luncurkan Mobil Hybrid Baru Buatan Lokal

Kementerian PUPR siapkan mobile toilet di tol fungsionalDok. Kementerian PUPR Kementerian PUPR siapkan mobile toilet di tol fungsional

Di antaranya seperti kurangnya penerangan jalan, atau kurang lengkapnya fasilitas, semisal Rest Area.

“Misalnya Jalan Tol Cisumdawu yang akan kami fungsionalkan hanya dari pagi sampai siang hari karena memang belum lengkap. Tapi nanti di 11 ruas tersebut akan kami siapkan Rest Area sementara dengan fasilitas toilet, mobile BBM dan juga gardu makanan-minuman secara sederhana,” ujar Triono, dalam keterangan tertulis (10/4/2023).

“Kami juga akan menyiapkan Rest Area sementara di jalan tol Cikampek-Palimanan KM 81 A dan B. Mudah-mudahan dapat menampung traffic flow di jalan tol,” kata dia.

Baca juga: Kenali Gejala Aki Tekor pada Honda PCX 150

Dari pengalaman tahun sebelumnya yang berjalan lancar, Kementerian PUPR juga akan menambahkan 2.833 mobile toilet tambahan dari jumlah eksistingnya 6.175 toilet. Sehingga total jumlah mobile toilet yang disiapkan ada sekitar 9.000 toilet.

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga menyediakan fasilitas tambahan berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area di Pulau Jawa.

Tepatnya di KM 13 A jalur Jakarta-Merak, sedangkan untuk jalur Jakarta-Probolinggo terdapat pada KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan KM 695A.

Baca juga: Jelang Lebaran, Fortuner dan Pajero Sport Diskon Puluhan Juta Rupiah

Kementerian PUPR siapkan SPKLU tambahan di ruas tol fungsionalDok. Kementerian PUPR Kementerian PUPR siapkan SPKLU tambahan di ruas tol fungsional

“Dalam meningkatkan servis operasional jalan tol, kami menyiapkan layanan transaksi Mobile Reader supaya antrean tidak terlalu panjang. Gardu transaksi juga beroperasi penuh dan penyiagaan genset 24 jam,” ucap Triono.

“Kami menghimbau juga untuk memperhatikan safety, jangan sampai jalan sudah baik, tapi speed limit kurang diperhatikan oleh pengendara. Kalau lelah bisa juga beristirahat di Posko Siaga yang kami siapkan baik di jalan tol maupun jalan non tol,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com