Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Katana Lawas, Ganteng tapi Tetap Fungsional

Kompas.com - 16/02/2023, 12:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap dianggap sebagai mobil hobi untuk melibas jalanan non-aspal, Suzuki Katana masih memiliki banyak peminat hingga sekarang. Apalagi mobil ini kerap dijadikan objek modifikasi.

Tak sedikit pemilik kendaraan yang rela merogoh koceknya dalam-dalam demi mendapatkan karakter yang diinginkan, seperti Japanese Domestic Market (JDM) misalnya.

Baca juga: Royal Enfield Scram 411 Siap Meluncur di IIMS 2023

Namun, berbeda dengan Ade, pria pemilik Suzuki Katana lansiran 1993. Ia justru memodifikasi kendaraannya dengan tampilan sederhana dan lebih mengutamakan fungsionalitas.

Modifikasi Suzuki 1993Kompas.com/AdityoWisnu Modifikasi Suzuki 1993

“Pada dasarnya saya lihat di Indonesia lebih ke JDM atau offroad. Kalau saya lebih ke original fungsional, jadi tetap mempertahankan jenongnya Katana tapi secara modifikasi lebih ke arah fungsional,” ucap Ade saat ditemui Kompas.com, belum lama ini di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

Pria yang juga pemilik dari Garasi 99 ini melanjutkan, tidak terlalu banyak ubahan yang diterapkan pada Katana berkelir merah miliknya. Hanya ada beberapa detail spesifikasi saja yang diubah, terutama pada sektor mesin.

“Kalau misalnya secara keseluruhan memang tidak banyak perubahan, tetap kelihatan Katana looks. Hanya detail spesifikasinya yang saya ubah, misal engine hood saya screening sendiri, di workshop menggunakan carbon kevlar,” kata Ade.

Modifikasi Suzuki 1993Kompas.com/AdityoWisnu Modifikasi Suzuki 1993

Pada jantung pacu, ade mengganti mesin menggunakan M13A 1.300 cc dengan transmisi otomatis dan knob JB32 yang didatangkan langsung dari Jepang.

Sementara ubahan eksterior mencakup, engine hood carbon kevlar, gril SGP Samurai, Spotlight IODE JA11 Stanley, Foot Pack and Squarebar Thule with Awning
Mirror JA22, Assist Mirror JA12, yang dilengkapi dengan pelek JA22 dengan profil ban 215/80/R16.

“Seperti yang sudah saya bilang tadi, untuk modifikasinya lebih ke arah fungsional. Misal foglamp, awning, pintu belakang, defogger-nya dan wiper belakang, soalnya saya sering jalan kalau tidak ada wiper belakangnya lebih ribet sih,” ucap Ade.

Baca juga: Harga Suzuki Katana Bekas yang Orisinil Bisa Tembus Rp 120 Juta

Modifikasi Suzuki 1993Kompas.com/AdityoWisnu Modifikasi Suzuki 1993

Uniknya, Ade juga mengubah footstep menjadi elektrik, yang bisa membuka dan menutup sendiri untuk mempermudah pengemudi dan penumpang untuk masuk ke dalam mobil/

Sementara itu di bagian interior, Ade menambahkan beberapa ubahan mulai dari penggunaan power window Suzuki Baleno, setir JA11 660 Turbo, Cabin Rack XCtos, head unit Pioneer DEH8450MP, Speaker 3 way Kenwood KSC-Z77, Subwoofer Venom, Door Lock Knob JB32 SGP hingga Retrim Jok Fabric with armRest.

Modifikasi Suzuki 1993Kompas.com/AdityoWisnu Modifikasi Suzuki 1993

Baca juga: Apa Kabar Mobil Listrik Esemka di IIMS 2023?

Adapun untuk proses modifikasi dilakukan selama 1,5 tahun dengan biaya yang cukup merogoh kantong.

“Proses modifikasinya 1,5 tahun. Kalau budget saya tidak pernah hitung sampai detail, tapi paling banyak di sektor mesin, kisaran Rp 100 juta,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com