Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2023, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang terkena tumpahan solar memang bisa jadi licin. Efeknya, para pengendara motor rawan terjatuh karena solar tadi biasanya samar dengan warna aspal.

Misal seperti pada video yang diunggah media sosial bogordailynews beberapa waktu lalu. Terlihat beberapa pengendara motor kehilangan keseimbangannya dan terjatuh di aspal, diduga karena ada tumpahan solar dari tangki bus yang bocor.

Tampak perekam pun berteriak ke pengendara motor lain yang akan melintas. Niatnya untuk mengingatkan kalau jalanan sangat licin dan meminta untuk mengurangi kecepatan.

Baca juga: BMW Tergelincir di Jalan Tol, Ingat Risiko Berkendara Saat Hujan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bogor Daily (@bogordailynews)

 

Memang, jalanan yang terkena tumpahan solar agak sulit untuk dibaca. Bahkan pengendara malah bisa kaget dan mengambil langkah yang salah dengan mengerem mendadak.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kondisi jalan licin adalah ujian bagi pengendara motor. Maka dari itu, perlu hati-hati.

“Pengendara harus fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah, ketika melewati jalan tersebut maka usahakan tidak melakukan pengereman mendadak,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pengendara Motor Masuk Jalan Tol dan Lawan Arah


Agus menjelaskan, ketika sudah melihat jalanan licin, jangan coba mengerem dengan rem depan,apalagi secara mendadak. Ketika rem depan ditarik dan ban depan selip, pengendara lebih rawan kehilangan keseimbangan.

“Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut,” kata dia.

Biasanya, para pengendara kaget karena tidak siap melakukan antisipasi, atau panik. Saat kondisi panik terjadi, pengendara cenderung melakukan pengereman mendadak, padahal ini yang bisa membuat dia terjatuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com