Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Pengendara Motor Terpeleset karena Tumpahan Solar

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang terkena tumpahan solar memang bisa jadi licin. Efeknya, para pengendara motor rawan terjatuh karena solar tadi biasanya samar dengan warna aspal.

Misal seperti pada video yang diunggah media sosial bogordailynews beberapa waktu lalu. Terlihat beberapa pengendara motor kehilangan keseimbangannya dan terjatuh di aspal, diduga karena ada tumpahan solar dari tangki bus yang bocor.

Tampak perekam pun berteriak ke pengendara motor lain yang akan melintas. Niatnya untuk mengingatkan kalau jalanan sangat licin dan meminta untuk mengurangi kecepatan.

Memang, jalanan yang terkena tumpahan solar agak sulit untuk dibaca. Bahkan pengendara malah bisa kaget dan mengambil langkah yang salah dengan mengerem mendadak.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kondisi jalan licin adalah ujian bagi pengendara motor. Maka dari itu, perlu hati-hati.

“Pengendara harus fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah, ketika melewati jalan tersebut maka usahakan tidak melakukan pengereman mendadak,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Agus menjelaskan, ketika sudah melihat jalanan licin, jangan coba mengerem dengan rem depan,apalagi secara mendadak. Ketika rem depan ditarik dan ban depan selip, pengendara lebih rawan kehilangan keseimbangan.

“Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut,” kata dia.

Biasanya, para pengendara kaget karena tidak siap melakukan antisipasi, atau panik. Saat kondisi panik terjadi, pengendara cenderung melakukan pengereman mendadak, padahal ini yang bisa membuat dia terjatuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/05/062200815/video-pengendara-motor-terpeleset-karena-tumpahan-solar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke