Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ban Motor Off-road Cenderung Licin di Jalan Aspal

Kompas.com - 01/03/2023, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban motor punya peruntukannya masing-masing. Misal ban off-road cocok untuk jalanan tanah atau berbatu, sedangkan ban on-road, lebih cocok buat di aspal.

Tapi, ada saja pengguna motor trail yang tetap memakai ban off-road atau ban tahu di jalanan aspal. Padahal, ban tersebut sangat licin kalau dipakai di jalan yang rata dan cenderung keras.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC, mengatakan, ban tahu licin di permukaan aspal sederhananya karena tidak ada traksi.

Baca juga: Produsen Ban Ini Harap Industri Otomotif Makin Kuat

Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021Kompas.com/Donny Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021

"Kan antar block pattern ada area kosong. Kalau di tanah (off-road), area kosong tadi buat (menempel) tanah," ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Block pattern di sini maksudnya adalah jenis tapak ban yang besar-besar tapi punya jarak yang jauh. Berbeda dengan ban on-road yang cenderung rata dan jarak antar pola mepet, meningkatkan grip atau cengkeraman.

"Block pattern-nya juga goyang karena enggak ada pegangan," kata Dodiyanto.

Baca juga: Rapor Penjualan MPV Murah Januari 2023, Avanza-Veloz Terlaris Diikuti Xpander


Berbeda dengan off-road, di aspal tidak ada tanah yang mengisi celah antara kembangan di ban tahu. Oleh karena itu, cengkeraman ban off-road di jalanan aspal sangat kecil.

Biasanya, ketika motor trail di bawa off-road juga tekanan udaranya dikurangi agar dapat traksi tambahan. Namun jika dilakukan ketika berkendara di aspal, yang ada ban cepat rusak karena terlipat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com