Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Indonesia Resmi Diambil Alih Inchcape dan Indomobil Group

Kompas.com - 31/03/2023, 13:59 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Distributor multibrand otomotif global, Inchcape Motors Private Limited dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, resmi ditunjuk Mercedes-Benz AG untuk menjalankan kegiatan perakitan dan distribusi mobil dengan merek Mercedes-Benz di Indonesia.

Keputusan pengalihan kegiatan operasional dari PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia ini sebagai upaya dari prinsipal untuk mengoptimalkan aktivitas bisnisnya di Tanah Air.

Lebih lanjut dengan menggandeng rekanan bisnis yang berpengalaman di sektor otomotif dan pengalihan entitas produsen kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia adalah sejalan dengan kebijakan dan peraturan pemerintah yang berlaku.

Baca juga: Rencana Pabrik Mobil MG di Indonesia Masih Tahap Diskusi

Ilustrasi Mercedes-Benz C-Class C 200Mercedes-Benz AG Ilustrasi Mercedes-Benz C-Class C 200

“Kami melakukan restrukturasi pada bisnis kami, dengan tujuan menguatkan posisi kami di pasar Indonesia," kata Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars Matthias Lührs dalam keterangannya, Jumat (31/3/2023).

"Serta, untuk senantiasa berkembang dengan menggandeng rekanan berskala internasional yang kuat serta rekanan lokal berpengalaman bersama Inchcape dan Indomobil," lanjut dia.

Mercedes-Benz AG, Inchcape, serta Indomobil telah menandatangani perjanjian terkait jual-beli pabrik dan distributor Mercedes-Benz Indonesia. Mereka sebagai pemilik baru akan memastikan keberlanjutan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia dalam segala aspek, dengan tujuan memberikan keamanan jangka panjang dan transparansi tingkat tinggi bagi semua pemangku kepentingannya.

Dalam kerja sama ini, kepemilikan Mercedes-Benz AG di Indonesia sekarang 70 persennya diambil alih oleh Inchcape dan 30 persen sisanya dipegang Indomobil Group.

Baca juga: 3 Faktor yang Bisa Merusak Baterai Motor Listrik

Desain grill terbaru dari C 300 AMG Line, salah satu varian all new C-Class dari Mercedes-Benz, yang diluncurkan dalam acara tahunan Mercedes-Benz Star Drive, di Senayan City, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Selain C 300 hadir pula koleksi baru C 200 Avantgarde Line, serta the new CLS 350 AMG Line Coupé. KOMPAS.com/GLORI K. WADRIANTO Desain grill terbaru dari C 300 AMG Line, salah satu varian all new C-Class dari Mercedes-Benz, yang diluncurkan dalam acara tahunan Mercedes-Benz Star Drive, di Senayan City, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Selain C 300 hadir pula koleksi baru C 200 Avantgarde Line, serta the new CLS 350 AMG Line Coupé.

"Proses produksi pada pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, akan terus berjalan tanpa gangguan. Seluruh karyawan akan tetap bekerja dan juga diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaan saat ini di bawah kepemilikan baru," kata Matthias.

Ia pun memastikan bahwa semua pelanggan akan terus mendapatkan produk dan layanan terbaik walau ada pergantian di jajaran manajemennya.

Dalam kesempatan sama, Inchcape APAC CEO Ruslan Kinebas menyampaikan dengan pengambilan kepemilikan ini diharapkan Mercedes-Benz akan menjadi salah satu merek yang memiliki pengaruh kuat di industri otomotif nasional.

Baca juga: Mercedes-Benz Harap Syarat Subsidi Mobil Listrik Bukan Cuma TKDN

"Kami menantikan pengembangan lebih jauh dari bisnis Mercedes-Benz dengan menggabungkan pengetahuan lokal dan kapabilitas digital dan data kami," ujar dia.

“Kami sangat percaya dengan keterlibatan kami sebagai entitas lokal yang kuat dalam kerja sama dengan entitas otomotif global, Inchcape, Mercedes-Benz dapat terus berkembang di Indonesia dan mendukung pemerintah dalam mengembangkan industri otomotif nasional ke depannya," tambah Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com