Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Terpengaruh Kenaikan Harga LCGC, Agya dan Ayla Bekas Dijual mulai Rp 80 Jutaan

Kompas.com - 11/03/2023, 17:01 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Kebijakan penyesuaian harga low cost green car atau LCGC resmi diumumkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat (10/3/2023) di acara Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW). Kenaikan berkisar 5 persen atau mencapai Rp 6,7 juta untuk berbagai jenis mobil LCGC baru. 

Sejumlah pihak memprediksi penyesuaian harga tersebut mempengaruhi minat beli konsumen mobil di Tanah Air. Salah satunya datang dari pedagang mobil bekas, sebagian ada yang menanggapi untuk menyiapkan promosi penjualan. Tetapi, beberapa pedagang lainnya menilai kebijakan itu tidak akan berdampak secara langsung. 

Berdasarkan pantauan redaksi, Sabtu (11/3/2023), di sejumlah bursa mobil bekas daring wilayah Jakarta, Semarang dan Surabaya, belum ada kenaikan harga mobil-mobil LCGC yang di iklankan. Misalnya, duo kembar Agya dan Ayla, harganya dibanderol mulai Rp 80 jutaan. 

Baca juga: Menjelang Bulan Puasa, Angka Penjualan Mobil Bekas Mulai Naik

Dengan bujet Rp 80 juta, tersedia pilihan mobil LCGC bekas tahun 2014-2018. Namun, harga juga ditentukan kondisi mobil dari tampilan luar dan dalam. Transmisi matik ditawarkan dengan banderol harga yang sedikit mahal, ada perbedaan Rp 2-3 juta. 

Menanggapi hal itu, Marketing Mobil88 Semarang Hidayatus Sholekhah mengatakan, harga LCGC bekas dari awal tahun hingga Maret ini belum ada kenaikan. Harga yang berubah, biasanya terjadi menjelang lebaran karena adanya permintaan yang naik. 

Mobil bekas Daihatsu AylaDicky Aditya Wijaya Mobil bekas Daihatsu Ayla

"Harga masih stabil ini, kalau nanti naik itu bukan karena ada pengaruh penyesuaian harga atau apa. Tapi, murni permintaan pasar naik dua kali lipat untuk mudik," kata Hidayatus kepada Kompas.com, Sabtu (11/3/2023). 

Jika ada kenaikan harga yang terjadi, kemungkinan besar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Terlebih menjelang ramadan dan lebaran, pasar mobil bekas diprediksi meningkat karena banyak orang yang tertarik membeli mobil. 

Namun, kenaikan harga biasanya tidak terlalu besar. Pedagang mobil bekas memprediksi, kenaikan harga masih taraf wajar dan berlaku menyeluruh, tidak hanya LCGC. 

Sebagai gambaran, berikut ini harga Ayla dan Agya bekas di bursa mobil daring, yaitu: 

Semarang

Agya G M/T 2015, Rp 89 juta 

Ayla D 1.0 M/T 2018, Rp 82 juta 

Jakarta 

Agya 1.2 G A/T 2019, Rp 122 juta 

Ayla 1.2 X M/T 2018, Rp 103 juta 

Surabaya 

Agya 1.2 G TRD Sportivo M/T 2019, Rp 125 juta 

Ayla X 1.2 M/T 2021, Rp 137 juta 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com