Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Suzuki Kenalkan Industri Otomotif ke Pelajar

Kompas.com - 03/03/2023, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya memberikan edukasi bagi generasi muda, khususnya pelajar. PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) kembali melanjutkan program student plant visit yang ditandai dengan seremoni pembukaan acara di pabrik Suzuki Cikarang Plant, Jawa Barat.

Hiroaki Matsuura, Vice President Director SIM mengatakan, kunjungan para pelajar menjadi bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam upaya mengedukasi generasi muda mengenai industri otomotif.

"Suzuki Indonesia telah beroperasi selama 53 tahun dan mempunyai misi membangun merek yang dipercaya melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi, yang berorientasi pada kebutuhan konsumen," kata Matsuura dalam keterangan resminya, Kamis (2/3/2023).

Lebih lanjut Matsuura menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Suzuki Peduli Pendidikan merupakan salah satu pilar tanggung jawab sosial yang menyasar generasi muda. Tujuannya lebih ke edukasi terkait industri otomotif.

Baca juga: Punya Fitur Baru, S-Presso Tetap City Car Termurah Bulan Ini

Sepanjang 2023, Suzuki merencanakan menggelar 70 kali student plant visit dengan target mengajak 4.000 siswa dari sekolah dan perguruan tinggi untuk berpartisipasi mengenal industri otomotif serta mempelajari inovasi, mekanisme, dan kecanggihan pabrik pembuatan mobil Suzuki.

Suzuki Plant Visit 2023SUZUKI Suzuki Plant Visit 2023

Pada acara pembukaan, Suzuki mengundang 57 siswa dan siswi SMPN 1 Cikarang Pusat untuk menjadi peserta pertama dari rangkaian di awal tahun. Kondisi ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Bekasi yang telah mendukung keberadaan pabrik Suzuki di Cikarang.

Selain itu, 177 siswa dari SMK N 1 Talaga dan SMKN 7 Kabupaten Tangerang juga telah mengikuti kegiatan yang sama pada 21 dan 23 Februari 2023.

Para siswa diperkenalkan mengenai proses produksi dan mengunjungi area welding dan assembling, di mana pabrik Suzuki telah menerapkan teknologi canggih dengan sistem robotik dan diklaim memiliki tingkat kepresisian tinggi.

Tak hanya itu, peserta juga diajak melihat proses final inspection di akhir jalur produksi yang merupakan proses penting untuk memastikan kualitas mobil yang diproduksi Suzuki.

Baca juga: Video Sedan Mercy Isi BBM Pertamax Turbo Nyaris Rp 1,2 Juta

Suzuki Plant Visit 2023SUZUKI Suzuki Plant Visit 2023

"Selain paya alam mengedukasi mengenai industri otomotif lebih jauh, serta mempelajari inovasi, mekanisme, dan kecanggihan pabrik pembuatan mobil Suzuki, kegiatan ini juga kami harapkan dapat menjadi wawasan dasar untuk para partisipan agar mampu bersaing dan mengembangkan potensi diri khususnya di industri otomotif dan pengembangan teknologi," ujar Yudonendito, Active Director Manufacturing PT SIM.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com