Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tahun Pabrik Honda di Karawang, Sukses Produksi Lebih dari 10 Model

Kompas.com - 01/03/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati 20 tahun beroperasinya pabrik di Karawang, Jawa Barat, PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar seremoni yang sekaligus bentuk penegasan dari komitmen mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

Momen seremoni juga digunakan untuk memperkenalkan produk terbarunya yang akan dikirim untuk memenuhi permintaan pasar ekspor.

Hiroshi Tokutake, Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang sangat penting untuk bisnis Honda secara regional dan global di mana HPM merupakan pasar terbesar di kawasan ASEAN dan juga Asia Oceania.

"Operasional pabrik HPM di Karawang, Indonesia, merupakan wujud konsistensi Honda untuk memproduksi berbagai model dengan kualitas standar internasional untuk pasar domestik dan ekspor," ucap Tokutake dalam keterangan resminya, Selasa (28/2/2023).

Baca juga: Menakar Kemampuan Chery Omoda 5 Usik Pasar Honda HR-V

Produksi HPM di pabrik Karawang dimulai pada Februari 2003, dengan luas bangunan 80.324 meter persegi dan kapasitas maksimal produksi 80.000 unit per tahun. Model pertamanya adalah Honda Stream, Civic, dan CR-V.

HPM rayakan 20 tahun pabriknya di KarawangHPM HPM rayakan 20 tahun pabriknya di Karawang

Selanjutnya, pada 2012 HPM memulai mendirikan pabrik kedua dan diresmikan pada Januari 2014 dengan luas bangunan 145.760 meter persegi. Kapasitas maksimal produksinya mencapai 120.000 unit per tahun dan digunakan untuk melahirkan Mobilio.

Kehadiran pabrik kedua membuat HPM mampu meningkatkan kapasitas produksi maksimal 200.000 unit per tahun. Total lebih dari 10 model yang pernah diproduksi, yakni Stream, Civic, Freed, Jazz, CR-V, Brio, HR-V, Mobilio, BR-V, City Hatchback, dan WR-V.

Mengembangkan dan memperkuat bisnisnya di Indonesia, HPM membangun pabrik conrod yang mulai beroperasi pada Desember 2022.

Ada juga pabrik stamping yang beroperasi pada Mei 2016 untuk memproduksi panel samping, atap, lantai dan sebagainya, didukung sistem canggih seperti Automatic Continuous Process dan sistem Robotic.

Baca juga: Persaingan SUV Ringkas Januari 2023, WR-V Taklukkan Raize-Rocky

Honda rayakan 20 tahun pabriknya di KarawangHPM Honda rayakan 20 tahun pabriknya di Karawang

Selain pabrik stamping, HPM juga telah memulai operasi pabrik crankshaft pada September 2016 lalu. Fasilitas dalam pabrik ini menerapkan teknologi canggih dan mesin presisi tinggi yang ramah lingkungan.

President Director PT HPM Kotaro Shimizu menjelaskan, sangat senang dan bangga atas kesempatan membawa lebih banyak kegembiraan bagi pelanggan di luar Indonesia.

"Kami berharap, pabrik kami dan ekspor produk kami tidak hanya memenuhi visi HPM, tetapi juga terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia," kata Shimizu.

Pabrik Karawang menjadi saksi bertumbuhnya produksi Honda di Tanah Air. Pada 2017, HPM merayakan pencapaian produksi 1 juta unit, dan sampai saat ini sudah lebih dari 1,7 juta melahirkan model-model favorit seperti Brio, BR-V, HR-V, CR-V, Mobilio, dan WR-V yang jadi produk terbaru.

Sejak pertama meluncur pada November 2022, sampai Januari 2023 WR-V sudah terjual 2.411 unit. Nantinya, HPM juga akan mengapalkan small SUV tersebut ke beberapa negara tujuan.

Dari pabrik Karawang, HPM sudah mengekspor 31.380 unit dengan beberapa model favorit yakni Brio yang dimulai dari April 2019 ke Vietnam dan Filipina.

Setelah itu BR-V generasi baru dari Maret 2022 ke 30 negara seperti Barbados, Jamaica, Trinidad & Tobago, Grand Cayman, St. Lucia, Grenada, Thailand, Filipina, Bangladesh, Afrika Selatan, dan St. Kitts.

Baca juga: 10 Mobil Terlaris Januari 2023, Brio Kokoh di Puncak

Generasi baru BR-V diklaim jadi produk yang paling banyak dieskpor ke berbagai negara, dan merupakan mobil pertama produksi HPM yang dikirim ke negara-negara di kepuluan Karibia.

HPM juga ikut mengekspor berbagai komponen mobil seperti engine parts yakni cylinder head dan cylinder block. Lalu body parts seperti, hood comp, panel RR inside, panel FR/RR door, skin hood, serta frame hood.

Seremoni ekspor perdana All New Honda BR-V buatan Indonesia, Rabu (16/3/2022).KOMPAS.com/Ruly Seremoni ekspor perdana All New Honda BR-V buatan Indonesia, Rabu (16/3/2022).

Sementara dari fasilitas, pabrik HPM mempunyai road test facility, engine plant, car pool, stamping, Ccrankshaft, Eengine Bbench test facility, dan conrod.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com