Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Desain Wuling Alvez Vs Honda WR-V, Pilih Mana?

Kompas.com - 28/02/2023, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Alvez resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Alvez menjadi senjata Wuling masuk ke segmen baru yaitu SUV ringkas atau bisa disebut SUV B.

Segmen SUV kelas ini banyak pesaingnya. Karena itu Wuling pakai senjata "perang harga." Banderol Alvez saat ini bisa dibilang paling bersaing di segmen SUV ringkas dengan berdiri di dua kaki.

Untuk diketahui Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta. Masing-masing punya lima pilihan warna merah, hitam, abu-abu, perak, dan putih.

Baca juga: Persaingan SUV Ringkas Januari 2023, WR-V Taklukkan Raize-Rocky

Honda WR-VKompas.com/Donny Honda WR-V

Jika dilihat dari ukuran tubuh pesaing Alvez ialah Honda HR-V yang dipasarkan mulai Rp 375 jutaan, sedangkan Hyundai Creta dibanderol mulai Rp 291,3 jutaan.

Namun secara harga, Alvez bahkan jauh lebih murah dari Honda WR-V yang dibanderol mulai Rp 279,4 juta. Pun lebih murah dari Toyota Raize seharga Rp 232,4 juta. Namun masih kalah dari Daihatsu Rocky yakni Rp 205,4 juta perpajakan Jakarta.

Kali ini Kompas.com akan membandingkan tampilan antara Alvez dengan Honda WR-V. Mobil small sport utility vehicle penantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang baru meluncur November 2022.

Mengapa desain sebab tampilan eksterior merupakan daya tarik pertama saat melihat mobil. Eksterior yang menarik akan mampu menarik konsumen. Meski urusan desain sebetulnya masalah selera masing-masing.

Baca juga: Sales Mobil Sebut Gaji Rp 5 Juta Jangan Beli Mobil, Mending Beli Honda Beat

Wuling Alvez resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.Foto: Ridwan Arifin Wuling Alvez resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Alvez mengincar konsumen muda karena itu desainya dibuat sporty. Fasia depan dihiasi gril yang yang berani, lampu LED DRL yang futuristik, serta Adjustable LED Projector Headlamp.

Wuling mengartakan siluet bodi yang sporty ini makin terasa dengan aplikasi Dynamic Dual-Tone Color di mana pilar kaca jendela berwana hitam dengan aksen chrome pada garis jendela, roof rail, electric adjustable & folding side mirror.

Selain itu penggunaan pelek alloy ukuran 16 inci bergaya cutting-edge membuat kaki-kaki lebih kekar. Sedangkan di bagian belakang cukup ramai dengan adanya Shark Fin Antenna, LED Rear Lamp, dan Rear Spoiler.

Baca juga: Cara Aman Menghindari Lubang di Jalan Raya

Honda WR-VKompas.com/Adityo Honda WR-V

Dimensi Alvez memiliki panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm dan sumbu roda 2.550 mm. Secara dimensi tidak jauh berbeda dengan kompetitornya yaitu Hyundai Creta yang memiliki dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm.

Adapun untuk Honda WR-V eksteriornya dihiasi desain tesselated pada bagian gril depan yang tak jauh berbeda dari desain SUV RS Concept.

Besarannya pun cukup minimalis, sehingga membuat kendaraan tampak gagah tapi modern. Lampu LED lengkap dengan sentuhan aksen krom berwarna gelap dan sein sequential juga menambah kesan modern di mobil.

Baca juga: Honda WR-V dan HR-V Paling Laris Selama IIMS 2023

Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

Tapi desain rumah fog lamp yang tepat berada di bawah lampu utama agak 'salah tempat' karena malah kental terasa sporty.

Beranjak ke bagian samping, tampak sekilas bodi WR-V ini mirip dengan HR-V generasi terdahulu (sebelum facelift) maupun Brio dengan lekukan tipis yang dinamis, memanjang dari lampu depan ke belakang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com