Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Sporty Damon Motors Akan Masuk Indonesia

Kompas.com - 28/02/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Damon Motors baru mengumumkan kerja sama dengan PT Indika Energy. Indika akan jadi ditributor motor lisrtik Damon untuk pasar Indonesia.

Damon Motors merupakan merek motor listrik yang bermarkas di Kanada. Damon Co-Founder dan CEO Jay Giraud mengatakan, perjalanannya dengan Damon sebenarnya dimulai dari Indonesia.

"Indonesia sudah memasang goal net zero emmission di 2060. Damon dan Indika Energy mau mencapai tujuan tersebut," ucap Giraud dikutip dari Motorcyclenews, Selasa (28/2/2023).

Baca juga: Motor Listrik Selis E-Max Banyak Dipesan di IIMS 2023

Damon Motors bekerja sama dengan Indika Energy mau pasarkan motor listrik, ini HyperFightermotorcyclenews.com Damon Motors bekerja sama dengan Indika Energy mau pasarkan motor listrik, ini HyperFighter

Giraud mengatakan, inspirasi dibuatnya Damon berawal dari perjalanannya ke Indonesia, tepatnya Jakarta. Waktu itu di 2016, Indonesia memegang pasar terbesar untuk motor dan setahun kemudian Damon Motors diluncurkan.

Azis Armand, CEO Indika Energy mengatakan, Indonesia punya potensi besar untuk mengubah pengalaman berkendara, terutama di kendaraan roda dua.

"Visi kami mengikuti peta jalan dari Damon Motors. Bersama PT Ilectra Motor Group (IMG), kami berkomitmen mengembangkan motor listrik dan mendukung ekosistem di Indonesia," ucap Azis.

Baca juga: Modifikasi Honda Brio Jadi Buas, Tenaga Tembus 530 Hp

Indika Energy dan Damon Motors percaya dengan kerja sama, bisa terbuka banyak kesempatan untuk kolaborasi. Sehingga, penetrasi pasar menuju net zero emmission bisa diakselerasi.

Damon Motors pertama kali memperkenalkan HyperSport di 2020 dan terbaru adalah HyperFighter di 2022. Kedua model menjadi motor listrik yang penuh dengan teknologi terkini.

Misal, ada teknologi keselamatan, kenyamanan, sambungan internet 5G sampai performa yang super. Teknologi keselamatan seperti ada CoPilot 360 derajat, yang mengamankan pengendara dari segala sisi.

Lalu ada teknologi Shift, fitur yang bisa mengubah posisi berkendara dari sporty sampai comfort sambil motor berjalan. Lalu ada Hyperdrive, motor listrik pertama yang menyatu dengan sasis (monokok).

Performanya, HyperSport punya top speed 200 mil per jam, jarak tempuh 200 mil dan tenaga 200 TK. Akselerasinya juga gila, 0-100 Kpj bisa di bawah tiga detik, memang motor listrik performa tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com