Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Menjaga Bodi Motor Tetap Berkilau dan Tidak Kusam?

Kompas.com - 28/02/2023, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bagian yang membuat motor tampil keren adalah warna dan livery atau stiker yang terpasang di bodinya. Tapi seiring berjalannya waktu, tentu ada beberapa kondisi yang membuat bodi motor jadi kusam.

Kalau bodi motor sudah kusam, tentu tampilannya jadi kurang enak dilihat. Selain itu, solusi paling gampang adalah dengan mengecat ulang atau ganti dengan panel baru yang tentunya memakan biaya.

Christopher Sebastian, CEO Hydrophobic Lab Indonesia, memberikan beberapa tips untuk menjaga bodi motor tidak cepat kusam. Pertama adalah memilih lokasi parkir yang benar.

Baca juga: Penyebab Rem Depan Motor Berdecit Saat Digunakan

Hydrophobic Lab, salon motor dan helm dengan servis coating dan polesHYDROPHOBIC LAB Hydrophobic Lab, salon motor dan helm dengan servis coating dan poles

"Parkir motor di tempat teduh, atau yang tidak terkena sinar matahari langsung, karena sinar UV dapat merusak cat motor, apalagi jika bodi motor belum dilakukan treatment coating," kata Christopher kepada Kompas.com, Senin (27/2/2023).

Kedua, cuci motor secara rutin agar tidak menimbulkan jamur atau flek yang membandel pada bodi. Biasanya jika sudah berjamur, maka untuk mengembalikan ke kondisi semula lebih sulit.

"Ketiga, menggunakan sampo khusus cuci motor, bukan sembarang sabun yang bisa mengakibatkan cat bodi motor kusam," ucap Christopher.

Baca juga: Ada Wuling Alvez, Siapa SUV Termurah di Indonesia?


Keempat, jangan terlalu banyak menempel stiker pada bodi, apalagi yang bisa merusak. Kadang ada stiker yang ketika dicabut, ada sisa lem atau saking kerasnya malah membuat cat mengelupas.

"Kelima, gunakan lap lembut bahan microfiber agar bodi motor tidak mudah tergores saat dibersihkan," kata Christopher.

Terakhir, treatment body care seperti detailing dan coating di bengkel salon motor bisa dilakukan rutin. Coating bisa menjaga bodi dalam kondisi prima untuk beberapa waktu, jadi bisa dilakukan kembali selang beberapa tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com