Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulap Kabin Toyota Hiace Punya Atap Bintang-bintang

Kompas.com - 25/02/2023, 13:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 masih berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga 26 Februari 2023. 

Pada IIMS 2023 juga menampilkan deretan mobil yang sudah dimodifikasi baik pada sisi eksterior maupun interior. Bagi yang menginginkan mobil dengan nuansa kabin mewah, konsumen bisa melirik inspirasi modifikasi dari Baze.

Toyota Hiace menjadi salah satu unit mobil yang interiornya telah diubah Baze ke IIMS 2023.

“Ini adalah Toyota Hiace premium yang dibuat konsep Luxury in City Light, jadi dalamnya itu kita bikin nuansa mewah dan kita berikan nuansa bintang-bintangnya di bagian atasnya,” kata Aziz Firmansyah, Marketing Communication PT Bahana Selaras (Baze) kepada Kompas.com di IIMS 2023, Jumat (25/2/2023).

Ubahan interior Toyota Hiace buatan BazeKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Ubahan interior Toyota Hiace buatan Baze

Aziz menjelaskan, interior mobil ini alami ubahan besar-besaran. Pada partisi mobil di bagian depan antara ruang sopir dan penumpang terdapat laci dan juga beberapa tombol multi fungsi.

Tombol-tombol tersebut terkoneksi dengan TV yang bisa dilipat, kursi model recliner pada barisan depan, dan juga lampu-lampu.

Uniknya, kursi penumpang pada barisan dilengkapi dengan tumpuan kaki yang bisa dibentangkan agar penumpang bisa selonjoran. Kemudian, kursi penumpang barisan pertama dan barisan kedua bisa menjadi kursi pijat.

Baca juga: Kawasaki ZX-4RR Sudah Mendarat di Indonesia?

“Mobil ini juga sudah dirancang agar nyaman untuk karaoke yang dikoneksikan dengan internet. Kemudian, di kursi penumpang di barisan depan memiliki meja lipat yang bisa digunakan untuk makan atau untuk main laptop. Serta ada cool box untuk minuman,” kata Aziz.

Aziz juga menjelaskan, mobil ini punya konfigurasi kursi penumpang 2 kursi depan, 3 kursi di baris tengah dan 4 kursi di baris ketiga.

Namun, susunan ini tidaklah baku karena ini akan mengikuti dari permintaan pelanggan. Biasanya Baze membuat interior untuk mobil jenis ini dengan jumlah paling banyak 9 kursi.

“Susunan kursi bebas, mengikuti permintaan pelanggan. Tapi kalau mau jumlah yang banyak yah ukuran kursinya kecil,” kata Aziz.

Baca juga: Toyota HiAce Disulap Jadi Campervan Bergaya Retro

Ubahan interior Toyota Hiace rancangan BazeKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Ubahan interior Toyota Hiace rancangan Baze

Aziz juga menyebutkan, untuk ubahan interior seperti ini dibutuhkan budget Rp 375 juta . Tapi kalau ada beberapa fitur atau elemen yang tidak ingin disematkan, harga akan berkurang. Sementara itu, pengerjaan untuk modifikasi interior mewah seperti ini membutuhkan waktu 60 hari kerja.

“Atau ,misalnya ingin pakai hal lain seperti TV yang lebih besar akan berubah lagi harganya. Jadinya harga pastinya adal mengikuti permintaan dari pelanggan. Biasanya ada ubahan dari setiap pelanggan. Yang penting dibicarakan dulu teknisnya seperti apa,” kata Aziz.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com