Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tanggapi Santai Kehadiran Chery Omoda 5 dan Wuling Alvez

Kompas.com - 25/02/2023, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Omoda 5 dan Wuling Alvez dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, cukup menyita perhatian para pengunjung.

Apalagi setelah kedua pabrikan China tersebut mengumumkan harga kendaraan model andalan terbaru. Harga pre-booking Chery Omoda 5 untuk tipe Z adalah Rp 328 juta dan RZ di angka Rp 398 juta.

Sementara Wuling Alvez dibanderol dengan harga mulai Rp 209 juta sampai Rp 295 juta untuk tipe tertingginya.

Melihat harga yang kompetitif, hal ini tentu bakal menjadi ancaman bagi para rivalnya. Salah satunya adalah Honda HR-V yang menawarkan mobil tersebut dengan harga mulai Rp 375 juta.

Baca juga: Honda WR-V Buatan Indonesia Mulai Diekspor Tahun Ini

Meski demikian, Honda cukup santai menanggapi kehadiran kedua pemain baru di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) itu. Honda cukup optimistis bisa mempertahankan posisinya dengan beragam keunggulan yang ditawarkan.

All New Honda HR-VHPM All New Honda HR-V

“Kami optimis (terkait kehadiran Omoda 5), karena konsumen saat ini tidak melihat dari harga dan pembaruan saja. Tetapi mereka juga melihat aftersales-nya bagaimana,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2023).

Menurut Billy, hal itu menjadi modal utama Honda dalam menjual produknya. Di mana pihaknya selalu memberikan kemudahan bagi konsumen tidak hanya dalam hal pembelian namun juga perawatan kendaraan.

Baca juga: Bila Travel Pakai Kendaraan Listrik, Ini Kata Daytrans

“Memiliki mobil itu kan terus (digunakan), jadi kalau ada apa-apa yang dipikirkan harga jualnya bagaimana? spare parts tersedia atau tidak? Local purchase kita HR-V, BR-V WR-V itu 80 persen ke atas, Brio 95 persen. Konsumen sangat mudah merawatnya, tidak perlu menunggu lama karena semua ada di Indonesia. Jadi kita optimis,” kata Billy.

Saat ini, selain Honda HR-V, Wuling Alvez, dan Chery Omoda 5, segmen SUV ringkas juga diisi oleh pabrikan asal Korea Selatan yakni Hyundai Creta dengan harga mulai Rp 291,2 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com