Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 2,21 Juta Kendaraan Diprediksi Padati Arus Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 25/02/2023, 07:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2023 diprediksi akan mengalami peningkatan yang drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Operasional PT Jasa Marga (Persero) Fitri Wiyanti menjelaskan, prediksi volume lalu lintas saat arus mudik dari empat empat Gerbang Tol Utama diperkirakan mencapai 2,21 juta kendaraan.

"Naik 2,8 persen terhadap Lebaran 2022 (2,15 juta) atau naik 8,44 persen terhadap Lebaran 2019 (2,04 juta)," kata Fitria dalam keterangan resminya, Jumat (25/2/2023).

Sedangkan untuk arus balik, diprediksi H1 sampai dengan H+10 melalui empat Gerbang Tol Utama sebanyak 2,32 juta kendaraan.

Baca juga: Ruas Tol Ini Beroperasi Fungsional Selama Musim Mudik Lebaran 2023

Jumlah tersebut naik 1,4 persen dibanding Lebaran 2022 dengan jumlah 2,29 juta, atau naik 5,4 persen terhadap Lebaran 2019 sebanyak 2,19 juta.

Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.

Sejumlah titik kepadatan juga sudah dipetakan untuk mendapat perhatian khusus, yang diantaranya tol Jakarta–Cikampek (KM 47-KM 66, KM 70-KM 72), tol Cikampek–Palimanan (KM 72-KM 188) dan beberapa lokasi Rest Area, serta tol Palimanan–Kanci (KM 189-KM 214).

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, akan ada upaya pengendalian yang dilakukan pihak kepolisian.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, akan memberlakukan pengalihan arus jika terjadi kepadatan saat arus mudik di beberapa ruas tol dan akan menerapkan skema contra flow jika terjadi kepadatan pada arus balik.

Baca juga: Keroyok Honda HR-V!

Kendaraan terjebak kemacetan saat penutupan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Kendaraan terjebak kemacetan saat penutupan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.

"Akan dilakukan beberapa skema rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan. Personil yang bertugas pun akan mengantisipasi lebih awal agar kendaraan tidak berhenti di bahu jalan, serta akan dilakukan buka-tutup rest area secara situasional jika sudah melebihi kapasitas," ujar Latif.

Rekayasa lalu lintas berupa contra flow ataupun one way juga akan diterapkan, khususnya di ruas tol wilayah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah bila sudah memasuki situasi padat dan kontingensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com