Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Tol Ini Beroperasi Fungsional Selama Musim Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 23/02/2023, 12:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan konektivitas antar daerah dan mendorong perekonomian masyarakat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya menyelesaikan pembangunan jalan tol.

Saat ini tengah disiapkan 16 ruas jalan tol baru yang diproyeksikan dapat beroperasi fungsional untuk mendukung arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2023.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedi Rahadian mengatakan, Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol baru.

Baca juga: Pertamina Mau Luncurkan Alat Konversi Motor Bensin ke Gas

Pada tahun 2022 ruas tol beroperasi sepanjang 142,11 km dan akan ditambah ruas tol beroperasi pada awal tahun 2023 sepanjang 20,89 km.

“Jaringan jalan kita sekarang, kita rancang dari strategi jaringan backbone-nya jalan tol. Jadi kalau kita bangun jalan tol di mana-mana itu maksudnya untuk menekan travel time. Variablenya transport cost, jadi kalau waktu perjalanan lebih panjang pasti biaya transportasinya akan tambah mahal,” kata Hedi, dikutip dari BPJT, Kamis (23/2/2023).

Konstruksi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).Dok. Kementerian PUPR Konstruksi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Hedi mengatakan jalan tol yang siap fungsional saat Lebaran 2023 ini memang terbilang pendek, tetapi sifatnya menyambungkan sehingga perannya sangat penting.

Ruas tol baru yang sudah dapat dilintasi saat mudik lebaran adalah Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6A dan 6B (Ujung Jaya – Dawuan) sepanjang 5,10 km, Tol Cisumdawu Seksi 4A dan 4B (Cimalaka – Legok) sepanjang 8,20 km, dan Tol Cisumdawu Seksi 5A dan 5B (Legok – Ujung Jaya) sepanjang 14,90 km.

“Tol Cisumdawu kita harapkan Lebaran nanti full operasi, sehingga juga memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung Lebaran dari Bandung menuju ke Kertajati atau sebaliknya,” kata Hedi.? ?

Kemudian Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 2 (Pamulang – Cinere) sepanjang 3,64 km, Tol Cibitung – Cilincing Seksi 4 (Taruma Jaya – Cilincing) sepanjang 7,29 km, Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 (Blang Bintang – Kuto Baro) dan Seksi 6 (Kuto Baro – Baitussalam) sepanjang 12,40 km, Tol Serpong – Balaraja Seksi 1B (CBD – Legok) sepanjang 5,40 km, Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 (Cigombong – Cibadak) sepanjang 11,90 km.

Tol Cimanggis-Cilincing.Dok. PT Waskita Beton Precast Tbk Tol Cimanggis-Cilincing.

“Lebaran Insya Allah Tol Ciawi – Sukabumi akan dibuka sampai Cibadak. Sebenarnya ada PMN (Penyertaan Modal Negara) sampai Sukabumi Barat, tetapi tidak akan selesai di Lebaran ini, semoga pada akhir tahun sudah selesai. Tetapi sampai di Cibadak-pun kita sudah banyak melewati titik kemacetan yang luar biasa,” kata Hedi.

Selanjutnya Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2A (Jatikarya – Cikeas) sepanjang 3,50 km, Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3B (Krukut – Limo) sepanjang 2,19 km, Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Paket 3 (Kutanegara – Sadang) sepanjang 8,50 km, dan Jalan Tol Trans Jawa dari Pasuruan – Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur – IC Gending) sepanjang 8,55 km.

Baca juga: Lebih Ganteng Mana, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, atau Honda Brio?

“Kemarin baru dilakukan ground breaking Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dari Gending menuju ke arah Besuki,” kata Hedi Rahadian.

Selanjutnya di Provinsi Sumatera Utara terdapat Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1 sepanjang 20,40 km, Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 2 sepanjang 18,05 km, Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 3 sepanjang 30,00 km, dan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 4 sepanjang 28,00 km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com