Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

bZ4X Jadi Kendaraan Dinas Kementerian, Toyota Mulai Distribusi

Kompas.com - 17/02/2023, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan saat ini sudah menerima permintaan untuk bZ4X dijadikan sebagai mobil dinas Kementerian RI.

Tercatat, sekitar 40-50 unit bZ4X yang diminta oleh pemerintah lewat berbagai skema, baik pembelian langsung maupun sewa. Diharapkan, pengiriman dapat dituntaskan pada tahun ini.

"Sudah ada (permintaan kendaraan listrik jadi mobil dinas permintaan). Justru unit-unit awal bZ4X yaitu sekitar 40-50 unit, majority akan dikirimkan ke pemerintahan dari berbagai Kementerian," ucap Anton saat ditemui di sela-sela IIMS 2023, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Alva Siap Dukung Program Elektrifikasi Kendaraan

Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua BaliToyota Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Bali

"Ini dari berbagai Kementerian ya, tidak cuma satu saja. Hampir semua Kementerian banyak yang order dengan berbagai skema baik pembelian langsung maupun sewa melalui Kinto, dan lainnya," lanjut Anton.

Untuk pengiriman awal kendaraan listrik murni yang diimpor langsung dari Jepang ini, sudah dimulai sejak Januari 2023. Unitnya, sebagian diambil dari bekas gelaran KTT G20 tahun lalu dan sisanya merupakan unit baru.

"Januari 2023 kemarin kita sudah beberapa delivery. Memang butuh waktu karena terdapat administrasi dengan instansi. Februari ini kita juga lanjutkan," kata Anton.

"Kita sekarang sedang meminta tambahan suplai dari prinsipal untuk Maret 2023 dan bulan yang akan datang untuk memenuhi permintaan," tambah dia.

Baca juga: Jokowi: Insentif Kendaraan Listrik Masih Dihitung Kemenkeu

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Informasi bZ4X akan menjadi kendaraan dinas pemerintahan awalnya datang dari salah satu sumber Kompas.com di wilayah Kementerian Perhubungan RI. Pria yang enggan disebutkan namanya itu menyebut bahwa sudah ada komunikasi bersama pihak terkait.

Hal tersebut, sebagai upaya menjalani Instruksi Presiden RI (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022, yang mana seluruh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, termasuk juga Lembaga serta Kementerian, untuk segera mengganti kendaraan dinasnya menjadi berbasis listrik.

Tapi dalam kesempatan itu, ia masih enggan untuk memberikan informasi rincinya. Sebab seluruh kewenangan soal informasi pengadaan kendaraan, pintu awalnya berada di produsen terkait maupun Kementerian Sekretariat Negara RI (Segneg).

Toyota bZ4X sendiri, merupakan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) terbaru dari Toyota yang dikenalkan di Indonesia dalam ajang GIIAS 2022 kemarin dengan banderol Rp 1,190 miliar.

Baca juga: Jokowi Duduk di Innova Zenix Hybrid, Pernah Jadi Mobil Dinas

Mobil hanya dijual dalam satu varian yakni penggerak roda depan (FWD) yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 244 hp dan torsi 266 Nm.

Dalam lembar spesifikasinya, bZ4X bisa menempuh jarak 500 km dalam sekali pengecasan. Sementara untuk waktu pengecasan mobil ini membutuhkan waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com