Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Adiputro Luncurkan Bus Baru PO Putra Dewantara Ayu

Kompas.com - 16/02/2023, 10:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro baru saja meluncurkan satu unit bus baru untuk perusahaan otobus (PO) Putra Dewantara Ayu.

Bus anyar ini nantinya akan digunakan oleh PO asal Tegal, Jawa Tengah tersebut sebagai layanan bus pariwisata. Untuk memperkuat kendaraan ini, bus dibangun menggunakan sasis Hino.

Adapun bodi bus menggunakan Jetbus3+ Super High Decker (SHD) yang menjadi salah satu andalan dari Karoseri Adiputra. Bodi SHD memiliki dimensi tinggi 3,9 meter dengan panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter.

Bodi bus UHD memiliki konsep dua lantai menyerupai bus double decker. Hanya saja, jika secara ukuran tinggi lebih rendah dari bus double decker.

Pada bagian bawah bodi bus UHD dirancang khusus sebagai ruang awak bus dan bagasi. Kemudian. pada bagian atas bus menjadi ruang untuk kursi penumpang.


Baca juga: Hadir di IIMS 2023, TKDN Alva One Baru 30 Persen

Secara tampilan, kelir bus ini alami pembaharuan dengan perpaduan hitam dan sedikit sentuhan merah. Kemudian pada bagian bodi samping berhiaskan livery berbentuk garis-garis berwarna putih. Dan tidak ketinggalan dengan logo bertuliskan Putra Dewantara Ayu yang mempercantik bodi samping bus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

Baca juga: Bahas Mitsubishi XFC Concept yang Mejeng di IIMS 2023

Kemudian, pada bagian depan bus hadir dengan kaca double glass yang mana memiliki ciri khas bando.

Pindah ke bagian interior atau kabin, bus ini dilengkapi dengan kursi penumpang dengan konfigurasi kanan dua dan kiri dua.

Sementara itu, pada bagian paling belakang terdiri atas enam baris kursi penumpang. Bus juga dilengkapi dengan dua unit TV yang menggantung di bagian depan dan juga tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com