Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Tes Sepang, Alex Rins Sebut Honda Masih Punya Banyak Pekerjaan

Kompas.com - 15/02/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Alex Rins resmi bergabung dengan LCR Honda di musim 2023. Rins berhasil masuk ke LCR Honda setelah tim pabrikan Suzuki mundur dari ajang MotoGP.

Mantan rekan setim Joan Mir itu pun sudah beberapa kali menguji motor Honda RC213V sejak tes Valencia. Paling baru adalah tes pramusim MotoGP Sepang yang digelar di Sirkuit Sepang, pekan lalu.

Usai melakukan tes pramusim tersebut, Rins pun memberikan komentar tentang performa motor RC213V.

Baca juga: Awas Pecah Ban, Cek Kondisi Tekanan Udara hingga Masa Kedaluwarsa

“Secara keseluruhan, saya cukup senang dengan kemajuan yang saya buat selama tiga hari ini. Saya bisa melakukan lebih banyak putaran pada hari Minggu, setelah hari Sabtu yang diguyur hujan,” ucap Rins, dikutip dari Speedweek, Selasa (14/2/2023).

“Masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki, tapi saya merasa cukup baik dengan motornya, feelingnya bagus. Saya belum menempuh jarak jauh dengan motor ini, tapi saya bisa merasakan beberapa hal baik, beberapa buruk, dan beberapa untuk diperbaiki." tambahnya.

Alex Rinstwitter.com/rins42 Alex Rins

Pada sesi tes pramusim Sepang, Rins juga sempat melakukan pengujian dengan simulasi balapan sprint race bersamaan dengan Luca Marini. Hasilnya, Honda lebih lambat 0,5 detik dari motor Ducati.

“Itu tidak terlalu banyak, saya cukup senang untuk pertama kalinya dengan Honda. Saya mengemudikan simulasi pada jam 3 sore. Itu menuntut secara fisik karena Anda memberi 100 persen. Tapi itu pasti akan lebih berat di akhir pekan GP,” kata dia.

Rider asal Spanyol itu pun tidak merahasiakan fakta bahwa dirinya dan kru LCR Honda masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum musim MotoGP 2023 resmi dimulai.

Baca juga: Dijual Rp 1,190 Miliar, Toyota Sebut Beli bZ4X Masih Inden Panjang

“Kami belum memiliki dasar yang jelas dalam hal penyiapan. Tapi kami bekerja keras. Setelah simulasi sprint dan putaran cepat, kami mencoba membuat perubahan kecil pada elektronik dan kepercayaan diri saya meningkat,” ucap Rins.

“Artinya masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Saya mendengar bahwa keempat pembalap Honda memiliki pendapat yang sama, jadi kami berharap untuk menguji hal yang berbeda di Portimao,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com