Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik ION Mobility Diproduksi di Pabrik TVS Karawang

Kompas.com - 14/02/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ION Mobility (ION), merek motor listrik asal Singapura akan memproduksi produknya di Indonesia. Hal ini berhubungan dengan kerja sama ION dengan TVS Motor Company.

James Chan, Pendiri dan CEO ION mengatakan, ION akan memproduksi M1-S Mobius di fasilitas produksi TVS yang ada di Karawang.

"Kami sedang menyiapkan proses CKD di Indonesia bersama TVSM Indo di karawang Timur. Kamu juga menyiapkan fasilitas produksi sendiri di Cikarang," ucap James dalam keterangan yang Kompas.com terima, Selasa (14/2/2023).

Baca juga: TVS Motor dan ION Mobility Kerja Sama Bikin Motor Listrik

Melalui kerja sama dengan TVS Motor, ION Mobility bisa mempercepat kesiapan produksi M1-S Mobius, serta desain dan pengembangan model lainnya. Dok. TVS Motor Melalui kerja sama dengan TVS Motor, ION Mobility bisa mempercepat kesiapan produksi M1-S Mobius, serta desain dan pengembangan model lainnya.

Selain itu, James menjelaskan untuk fasilitas sendiri yang dibuat di Cikarang, akan memproduksi battery pack. Jadi nantinya pada akhir 2023 diharapkan bisa tercapai TKDN yang lebih tinggi.

"Fasilitas produksi di Cikarang akan mendorong kami untuk mencapai setidaknya 50 persen TKDN di akhir 2023," ucap James.

Menanggapi keterangan tersebut, Rizal Tandju, Deputy General Manager Marketing & Dealer Development PT TVS Motor Company Indonesia mengatakan pihaknya memang sudah bertemu dengan ION Mobility.

Baca juga: World Premiere, All New Toyota Agya Resmi Meluncur


"Masih menunggu arahan dari prinsipal TVSM India sebagai investor di ION Mobility (terkait produksi di pabrik TVS Karawang). Saya update nanti bila ada offical informasinya," kata Rizal kepada Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Semakin cepatnya produksi ION M1-S Mobius di Indonesia tentu akan menstimulasi produk ION lainnya di Indonesia. Kabarnya akan hadir juga produk lain dari ION dalam beberapa tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com