Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos KTM Sebut Pol Espargaro Mengakui Kesalahan Beralih ke Honda

Kompas.com - 31/01/2023, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua musim tak berkembang di Repsol Honda, Pol Espargaro akhirnya kembali ke KTM. Tapi bukan tim pabrikan, melainkan tim satelit Tech3 yang kini memakai bendera GasGas.

Manajer tim KTM Francesco Guidotti, mengatakan, Pol Espargaro sebetulnya dapat dikatakan kembali ke tim lamanya. Sebab pebalap asal Spanyol itu pernah berada tiga musim di Tech3 saat masih jadi tim satelit Yamaha.

Baca juga: China Bisa Salip Jepang sebagai Eksportir Mobil Terbesar Dunia

Adapun di KTM , Pol Espargaro menghabiskan empat tahun. Dia merupakan salah satu pebalap yang bertugas mengembangkan motor KTM RC16 sebelum datangnya Dani Pedrosa yang pensiun dari Honda.

Pebalap Repsol Honda Pol Espargaro mengalami kecelakaan saat balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico pada 4 September 2022.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Pol Espargaro mengalami kecelakaan saat balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico pada 4 September 2022.

Guidotti mengatakan, Pol Espargaro bersyukur dapat kembali ke tempat lamanya. Saudara kandung Aleix Espargaro itu disebut mengakui bahwa dia salah pernah memilih Honda.

"Pol sangat antusias untuk kembali kepada kami. Dia menyadari dia melakukan kesalahan (pindah ke Honda)," kata Guidotti mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (31/1/2023).

Di sisi lain, skuad tim KTM musim depan juga kehadiran pebalap baru yaitu Jack Miller yang pindah dari Ducati. Baik Miller dan Pol Espargaro keduanya disebut bakal membawa perubahan nyata di KTM.

"Jack Miller dan Pol memberi kami pengalaman yang sangat bagus dari merek lain. Itulah yang kami cari. Keduanya sangat cepat dalam satu lap di kualifikasi. Kami melewatkannya tahun lalu," kata Guidotti.

Baca juga: Alasan PO Raya Setia Pakai Bodi Bus Buatan Karoseri Laksana

Pembalap Spanyol Tim Repsol Honda Pol Espargaro berbicara saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.AFP/SONNY TUMBELAKA Pembalap Spanyol Tim Repsol Honda Pol Espargaro berbicara saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.

"Bukan hanya karena pebalap. Motor kami tidak memberikan dukungan yang cukup bagi pembalap kami untuk lap khusus ini. Kami mencoba untuk memahami motor kami lebih baik," kata dia.

Alasannya ialah musim ini akan mulai diberlakukan balapan sprint race di hari sabtu. Sehingga babak kualifikasi jadi sangat penting. Perebutan poin dan grid untuk balapan hari minggu menjadi lebih ketat.

"Dengan balapan sprint, kualifikasi akan menjadi lebih penting. Tidak akan ada cukup waktu untuk mengejar ketinggalan dari posisi awal yang buruk. Jika Anda memulai dari baris keempat atau kelima, Anda tidak memiliki peluang untuk masuk lima besar," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com